Sekilas Info

Vaksin Tahap III di Maluku Tak Lagi Gratis, Dibayar Perusahaan untuk Karyawan

satumalukuID/Husen Toisuta  Seorang pedagang pasar Mardika Ambon tampak divaksin tim medis dari Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Ambon, saat vaksinasi massal di Terminal Mardika Ambon, Kamis (18/3/2021).

satumalukuID- Vaksin tahap III di Provinsi Maluku diberi nama Gotong Royong. Artinya, vaksin ini sudah berbayar atau tak lagi gratis.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku sendiri telah membuka pendaftaran untuk vaksin berbayar ini sejak 26 April sampai 21 Mei 2021 mendatang.

"Sudah dibuka dari tanggal 26 April sampai 21 Mei 2021. Vaksin Gotong royong adalah vaksin yang berbayar. Vaksin berbayar ini melalui perusahaan masing-masing," kata Sekda Maluku Kasrul Selang kepada wartawan di aula lantai 6 Kantor Gubernur Maluku, Kota Ambon, Jumat (30/4/2021).

Kasrul menjelaskan, vaksin berbayar tidak dibebankan kepada individu setiap karyawan, tetapi kepada perusahaan, tempatnya bekerja. Vaksin ini dikhususkan kepada para pelaku ekonomi yang memiliki banyak karyawan. Juga wilayah kerjanya berhubungan dengan orang luar.

"Misalnya salah satu bank, nanti bank itu yang beli (vaksin) untuk vaksinasi karyawan-karyawannya. Pendaftarannya ini sampai tanggal 21 Mei. Tapi kalau untuk masyarakat gratis," katanya.

Menurut Kasrul, stok vaksin yang diterima sampai hari ini berjumlah 151.940 dosis. Stok ini diberikan kepada sebanyak 75.970 orang di Provinsi Maluku.

"Kalau bagi dua maka katong dapat untuk 75.970 orang. Katong punya target vaksin sampai tanggal 31 Desember 2021 nanti sebanyak 1.239.732 orang," katanya.

Kasrul mengaku tahapan vaksinasi di Maluku masih sangat rendah. Hingga saat ini saja vaksinasi yang dilakukan baru mencapai 4,17 persen.

"Mudah-mudahan teman-teman di kabupaten bekerja cepat," harapnya.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!