Sekilas Info

Gubernur Harap Ikapatti Bisa Menjadi Motor Penggerak Pembangunan di Maluku

satumalukuID/Istimewa Penyerahan Pataka oleh Dewan Pembina Ikapatti, Zeth Sahuburua (kanan), kepada Muhamat Marasabessy, ketua DPP Ikapatti periode 2021-2025.

satumalukuID- Gubernur Maluku Murad Ismail, berharap Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ikatan Alumni Universitas Pattimura (Ikapatti) dapat menjadi motor penggerak di berbagai sektor pembangunan.

Hal itu disampaikan Murad Ismail saat menghadiri pelantikan DPP Ikapatti periode 2021-2025 di Auditorium Unpatti, Desa Laha, Kota Ambon, Selasa (27/4/2021).

Pengurus DPP Ikapatti periode 2021-2025 dilantik Rektor Universitas Pattimura (Unpatti), M.J Sapteno. Pelantikan dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Rektor nomor 610/UN3/SK tahun 2021.

Pelantikan dirangkai dengan pembacaan Ikrar Alumni, Penyerahan Pataka oleh Dewan Pembina Ikapatti, Zeth Sahuburua, kepada Muhamat Marasabessy, ketua DPP Ikapatti 2021-2025.

Menurut Gubernur Murad Ismail, Unpatti saat ini berusia 58 tahun. Dengan usia yang terbilang tua tersebut, sudah membuktikan diri mampu melahirkan begitu banyak alumnus terbaik dengan prestasi yang membanggakan.

Selain itu, Kampus Biru ini juga telah berhasil memainkan peran strategisnya di berbagai bidang pekerjaan, baik pada tingkat daerah, nasional, maupun internasional.

"Pencapaian prestasi para alumnus ini membuktikan Ikapatti merupakan wadah dengan kekuatan profesional, yang diharapkan dapat berkonstribusi bagi kemajuan Unpatti, dan dapat bekerja sama dengan pemerintahan daerah maupun pemerintah pusat, sebagai mitra sekaligus motor penggerak di berbagai sektor pembangunan," kata Murad dalam sambutannya.

Atas nama Pemerintah Daerah Maluku dan Ketua Dewan Kehormatan, mantan Komandan Korps Brimob Polri ini juga menyampaikan apresiasi atas pelantikan Ikapatti massa bakti lima tahun.

"Saya memberi apresiasi yang tinggi, atas terbentuknya Ikapatti periode 2021-2025. Semoga ini menjadi momentum sekaligus langkah baru, bagi Unpatti, untuk terus maju dan menjadi lebih baik serta unggul, bersama Ikapatti yang dilantik hari ini," harapnya.

Murad mengaku, saat ini Pemerintah Daerah masih memprioritaskan berbagai kegiatan yang terkait dengan pengentasan kemiskinan, kesejahteraan masyarakat, dan perlindungan sumber daya alam sebagai aset untuk generasi mendatang.

Mantan Kapolda Maluku itu mengaku, Presiden RI telah menetapkan daerah ini sebagai Lumbung Ikan Nasional (LIN). Di tahun ini Ambon New Port juga akan segera dibangun. Selain itu juga ada perpanjangan landasan Airport di Wilayah Maluku.

Kesemuanya itu, kata Jenderal Bintang 2 Purnawirawan Polri ini, merupakan pencapaian, serta tanggung jawab yang besar dalam meningkatkan ekonomi dan pendapatan daerah, sekaligus membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat Maluku.

"Oleh sebab itu, kami harapkan keterlibatan langsung Ikapatti, bekerjasama dengan Unpatti dan pemerintah daerah untuk mempersiapkan SDM yang berkualitas dan siap bekerja di sektor-sektor unggulan ini," terangnya.

Pemerintah Daerah, lanjut Murad, membuka ruang kerjasama seluas-luasnya bagi Ikapatti, untuk duduk bersama, dan bersinergi membangun Maluku.

"Maluku harus sejahtera dan sejajar dengan provinsi lainnya di Indonesia. Itu sudah menjadi tekad kami sebagai Gubernur Maluku. Kami juga harapkan, pengurus Ikapatti harus kreatif, inovatif dan produktif, serta peka terhadap kebutuhan daerah, agar mampu menjawab tantangan dan kebutuhan global kedepan," pintanya.

Tak hanya itu, putra kelahiran Ambon ini juga meminta agar sejumlah program kegiatan yang disusun Ikapatti, harus mencirikan karakteristik daerah Kepulauan, serta mengedepankan kearifan lokal di Maluku.

"Kami yakin, dengan kepemimpinan Ketua Umum yang baru, berdasarkan hasil Mubes ke-1, Ikapatti akan maju dan mampu memberi kontribusi terbaik, untuk Unpatti dan daerah Maluku," tandasnya.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!