Sekilas Info

Bupati dan Wabub MBD Dilantik, Gubernur Minta Permudah Regulasi Dorong Investasi

satumalukuID/Istimewa Gubernur Maluku Murad Ismail (kanan) tampak sedang melantik dan mengambil sumpah janji Bupati MBD, Benjamin Thomas Noach, dan Wakilnya, Agustinus Lekwarday Kilikily, di Lantai 7 Kantor Gubernur Maluku, Kota Ambon, Senin (26/4/2021).

satumalukuID- Gubernur Maluku, Murad Ismail, melantik Bupati Maluku Barat Daya (MBD), Benjamin Thomas Noach, dan Wakilnya, Agustinus Lekwarday Kilikily. Ia meminta agar regulasi dapat dipermudah untuk mendorong hadirnya investasi.

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) MBD untuk periode 2021-2026 mendatang, itu dilangsungkan di Lantai 7 Kantor Gubernur Maluku, Kota Ambon, Senin (26/4/2021). Pelantikan dan pengambilan sumpah janji ini berlangsung secara online, off line dan menggunakan protokol kesehatan.

Benjamin dan Agustinus dilantik berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 131.81-991 dan 131.81-992 tahun 2021, tanggal 9 April 2021.

Dalam pelantikan itu, terdapat lima pesan penting yang dititipkan Gubernur. Pertama, Ia menyebutkan di tengah kondisi mewabahnya Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Indonesia, khususnya Provinsi Maluku, diharapkan agar program prioritas nasional seperti vaksinasi dapat ditindaklanjuti oleh setiap daerah.

Kedua, pemerintah telah mengeluarkan larangan mudik perayaan Idul Fitri 1442 Hijriah. Diharapkan seluruh kabupaten/kota di Maluku, dapat segera menyiapkan regulasi dan menindaklanjuti dengan surat edaran kepala daerah, sesuai kondisi daerahnya masing-masing.

Ketiga, Murad mengatakan bahwa tugas kepala daerah adalah menurunkan angka kemiskinan, dan mensejahterakan masyarakat. Juga bertugas menjaga sumber daya alam.

Olehnya itu, mantan Komandan Korps Brimob Polri ini meminta agar setiap kepala daerah dapat bekerja keras secara sungguh-sungguh untuk mendorong pergerakan roda perekonomian, dengan mengupayakan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Permudah regulasi yang mendorong hadirnya investasi, sehingga akan membuka lapangan kerja baru, dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan hidup. Selain itu, saya mintakan saudara-saudara untuk meningkatkan pelayanan dasar, terutama di bidang kesehatan dan pendidikan," pintanya.

Keempat, terkait implementasi Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional (LIN), Murad menyampaikan saat ini telah berada pada tahap perencanaan fish market, dan pelabuhan Ambon New Port yang rencananya akan difungsikan pada tahun 2023 mendatang.

"Saya berharap ini akan menjadi peluang pengembangan ekonomi rakyat di Maluku, tidak terkecuali di Kabupaten MBD," katanya.

Kelima, sebagai pimpinan, Bupati-Wabup harus merubah mindset jajaran birokrasi daerah, agar bekerja lebih efektif, efisien dan berkinerja baik. Selain itu juga diharapkan selalu melakukan komunikasi, koordinasi dan kolaborasi dengan DPRD sebagai mitra kerja, lembaga yudikatif, aparat keamanan TNI/Polri, instansi vertikal, swasta, ormas, serta elemen masyarakat MBD lainnya.

Pada kesempatan itu Jenderal Bintang 2 Purnawirawan Polri ini juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada KPU, Bawaslu, TNI/Polri, bahkan seluruh masyarakat MBD, yang telah mengawal tahapan pilkada, sampai dengan pelantikan hari ini berjalan aman dan lancar.

"Akhirnya, kepada saudara Benyamin Thomas Noach, dan saudara Agustinus Lekwardai Kilikily, saya ucapkan selamat atas kepercayaan yang diterima, selamat bertugas," tandasnya.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!