Sekilas Info

Berkunjung di Ambon, Caketum Kadin Arsjad Rasjid Mengaku Bangun Ambon New Port Agar Maluku Lebih Baik

satumalukuID/Istimewa Caketum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid (kanan) dan Ketua Kadin Maluku Sam Latuconsina (kiri) di sela-sela acara silaturahmi di Swissbell Hotel, Kota Ambon, Minggu (25/4/2021).

satumalukuID- Calon Ketua Umum (Caketum) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Arsjad Rasjid, mengaku pihaknya turut berinvestasi di Maluku. Salah satunya bersama membangun Pelabuhan Ambon New Port, agar Maluku menjadi lebih baik ke depan.

Hal itu disampaikan Arsjad Rasjid, Presiden Direktur PT Indika Energi ini, di sela-sela kegiatan silaturahmi bersama Pengurus Kadin Maluku yang dilangsungkan di Swissbell Hotel, Kota Ambon, Minggu (25/4/2021).

Kedatangan Arsjad di Ibukota Provinsi Maluku ini juga untuk menyampaikan niatnya kepada Pengurus Kadin Maluku. Ia meminta doa dan dukungan untuk bertarung sebagai Caketum Kadin Periode 2021-2026.

Arsjad tidak sendiri datang di Kota Manise itu. Ia didampingi sejumlah Ketua Kadin Daerah, yang merupakan pioner atau pengusung, termasuk Maluku, untuk bertarung pada Musyawarah Nasional (Munas) Kadin di Bali, Juni 2021 nanti.

Selain disambut hangat oleh Ketua Kadin Maluku, Muhammad Armin Syarif (SAM) Latuconsina beserta pengurus, kedatangan Arsjad juga disambut oleh Ketua Umum Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Provinsi Maluku, Jaquline Margareth Sahetapy.

"Kota Ambon atau Maluku adalah yang tepat. Karena berada di tengah-tengah alur pelayaran. Jadi Insha Allah, Bismillah bersama-sama kita juga bangun pelabuhan itu (Ambon New Port), supaya Kota Ambon, Maluku lebih baik," katanya.

Menurut Arsjad, di tengah pandemi Covid-19, peran Kadin ke depan ada dua. Yaitu peran di bidang Kesehatan dan Ekonomi. Sehingga ke depan, yang harus dilakukan adalah pemulihan kesehatan dan membangkitkan ekonomi. "Itulah yang ingin saya bawa," kata Arsjad.

Kadin ke depan, kata dia, harus kuat dan satu. Kadin yang inclusif dan kolaboratif serta harus menjadi rumah kita. Di mana, didalamnya berbicara mengenai pengusaha mikro, kecil, menengah, maupun besar.

"Semuanya di dalam satu wadah, bahwa Kadin adalah satu. Kolaborasi nanti bagaimana saling kerjasama antara pengusaha besar, pengusaha mikro kecil dan menengah, dan paling utama adalah menjadi sebuah mitra dari pada pemerintah," jelasnya.

Kadin, lanjut Arsjad diibaratkan sebagai sebuah perusahan. Pemegang sahamnya adalah seluruh Kadin di daerah, maupun asosiasi.

"Jadi tugas Kadin adalah memberikan deviden ataukah nilai. Kita harus pulihkan ekonomi, karena kita bicara bagaimana negara di dunia mengalami hal yang sama dan kita harus berkompetisi dan bagaimana Indonesia harus bersatu. Jangan terpecah belah," harapnya.

Di tempat yang sama, Sam Latuconsina mengaku Arsjad merupakan salah satu investor yang mendukung Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional (LIN).

"Beliau ini merupakan salah satu investor Ambon New Port di Maluku, jadi sudah seharusnya kita mendukung beliau, agar bisa mendukung kemajuan Provinsi ini ke depan," kata Sam dalam sambutannya.

Mantan Wakil Wali Kota Ambon ini juga mengaku, dukung terhadap Arsjad sebagai Ketum Kadin juga datang dari Gubernur Maluku, Murad Ismail.

"Kalau beliau jadi Kadin Indonesia, semoga saja proyek Ambon New Port bisa direalisasikan secepatnya," kata dia.

Komisaris Utama Bank Maluku-Maluku Utara (Malut) ini mengungkapkan, dukungan Kadin Maluku terhadap Arsjad, sudah melalui sejumlah pertimbangan yang realistis.

"Kami sudah pasti menyerahkan tiga suara kepada Arsjad dalam Munas di Bali nanti. Pertimbangannya jelas, lantaran Maluku punya kepentingan di Ambon New Port, sebagai penunjang LIN," kata dia.

Sam mengatakan, Arsjad memiliki peluang besar terpilih sebagai Ketum Kadin Indonesia lima tahun mendatang. Pasalnya, baru saat ini sudah terdapat 8 Provinsi menyatakan sikap mendukung penuh.

"Kadin Provinsi Jambi, Bengkulu, Sumatera Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Banten, DKI Jakarta, dan Maluku, telah menyatakan sikap. Satu Provinsi menyumbangkan tiga suara, jadi sekarang beliau telah memiliki 24 suara," ujarnya.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!