Sekilas Info

46 Siswa SMA Mulai Seleksi Paskibraka Tingkat Provinsi Maluku

Jimmy Ayal Fita Huwae saat menjalankan tugas sebagai pembawa baki bendera merah putih.

satumalukuID- Sebanyak 46 orang siswa-siswi SMA di Maluku mulai mengikuti seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2021 mendatang.

Puluhan siswa-siswi tersebut mulai diseleksi di SMK PGRI Ambon, Kamis (22/4/2021). Mereka berasal dari 23 SMA yang tersebar di Maluku.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Ambon, Richard Luhukay, menyebutkan, seleksi Paskibraka mulai dilakukan tahun ini untuk persiapan HUT RI ke-76 tahun pada 17 Agustus mendatang.

"Kita dari Dispora yang diberikan tanggungjawab melakukan seleksi untuk Paskibraka tingkat Provinsi Maluku," kata Richard kepada wartawan di Ambon, Kamis (22/4/2021).

Seleksi Paskibraka dilangsungkan berdasarkan keputusan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI, tentang Pelaksanaan Upacara HUT Negara Indonesia.

"Tahun lalu (2020), tidak dilakukan seleksi karena pandemi Covid-19. Sekarang walaupun masih dengan kondisi yang sama tapi kali ini tetap dilakukan seleksi. Semua ini merujuk kepada keputusan Kemenpora," jelasnya.

Richard mengaku hingga saat ini baru 43 orang siswa-siswi yang sudah mendaftar. Pihaknya masih membuka lowongan kepada SMA/SMK lain untuk mengirim perwakilan siswanya.

"Setiap SMA atau SMK hanya bole mengirim dua orang perwakilan untuk diseleksi, dan harus terdiri dari siswa dan siswi. Kita juga sudah surati semua sekolah di Maluku mengenai hal ini," sebut dia.

Di sisi lain, lanjut dia, dalam proses seleksi yang dilakukan Dispora Kota Ambon tetap dengan mengedepankan Protokol Kesehatan Covid -19.

"Kita tetap terapkan Protokol Kesehatan secara ketat. Ini untuk menghindari klaster baru dari proses seleksi tersebut," tandasnya.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!