Sekilas Info

Sulaiman Divonis Penjara 1,6 Tahun Gara-gara Nyolong HP Teman di Tanjung Batu Merah Ambon

satumalukuID/Istimewa Ilustrasi

satumalukuID- Sulaiman Ningkeula, akhirnya divonis bersalah oleh Majelis Hakim dalam sidang putusan di Pengadilan Negeri Ambon, Kota Ambon, Senin (19/4/2021).

Pria 26 tahun ini dijatuhi hukuman penjara selama 1,6 tahun, gara-gara mencuri sebuah Handphone (HP) merek Vivo milik temannya sendiri.

Warga Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon itu terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melanggar pasal 362 KUHPidana tentang pencurian.

"Menjatuhkan pidana kepada terdakwa Sulaiman Ningkeula dengan pidana penjara selama 1 tahun 6 bulan. Memerintahkan agar terdakwa tetap ditahan," kata Ketua Majelis Hakim, Feliks R Wuisan dalam amar putusan.

Dalam sidang pembacaan putusan tersebut, terdakwa tidak sendiri. Ia didampingi Robert Lesnussa, kuasa hukumnya.

Putusan majelis hakim sendiri lebih ringan dari tuntutan jaksa penuntut umum, Lilia Helut. Di mana, terdakwa sebelumnya dituntut selama 3 tahun penjara pada Rabu (14/4/2021) lalu.

Menurut majelis hakim, selama persidangan terdakwa berlaku sopan, dan mengakui perbuatannya. Ini yang kemudian meringankannya. Sedangkan hal-hal yang memberatkannya yaitu telah merugikan korban sebesar Rp.5 juta.

Mendengar putusan majelis hakim, tak butuh waktu lama, terdakwa melalui kuasa hukumnya langsung mengaku menerimanya.

Sebagaimana fakta persidangan, perbuatan terdakwa terjadi di rumah korban yang berada di Kompleks Tanjung, Desa Batu Merah, pada Rabu (23/12/2020) sekitar pukul 20.00 WIT.

Aksi pencurian berawal ketika terdakwa bersama sejumlah rekannya mengkonsumsi minuman keras. Ia kemudian tertidur di teras rumah korban karena sudah mabuk.

Tak disangka, terdakwa yang terbangun kemudian masuk dalam rumah korban. Ia lantas mengambil HP Vivo milik temannya tersebut.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!