Sekilas Info

BI: Kebutuhan Uang Tunai di Maluku Meningkat

satumalukuID/Husen Toisuta Ilustrasi Kantor Gubernur Maluku.

satumalukuID - Kebutuhan uang (tunai) di Provinsi Maluku meningkat 114,7%, jika dibandingkan dengan realisasi kebutuhan tahun lalu yaitu sebesar Rp.471 Miliar. Peningkatan kebutuhan ini sejalan dengan sudah mulai meningkatnya aktivitas perekonomian pada masa pandemi Covid-19.

Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku, Noviarsano Manullang, dalam siaran pers yang diterima satumaluku.id, di Ambon, Jumat (16/04/2021).

"Kebutuhan uang (tunai) selama periode Ramadhan – Idul Fitri 1442 H tahun ini untuk mendukung perekonomian di Provinsi Maluku diperkirakan mencapai Rp1,012 Triliun," ujarnya.

Dalam menjawab kebutuhan tersebut, menurut Noviarsano, ppihaknya menyiapkan uang tunai sebesar Rp.1,9 Triliun.

Menurut Noviarsano, kebutuhan uang ini masih akan dipengaruhi oleh Kebijakan Pemerintah pada masa pandemi Covid-19, antara lain hari libur Idul Fitri 1442 H yang dipersingkat seperti tahun lalu. Termasuk himbauan pemerintah untuk tidak melakukan mudik pada hari Raya Idul Fitri tahun ini, dengan diperketat dengan pembatasan pergerakan moda trasnportasi serta penyerahan THR sesuai dengan kebijakan pemerintah dan juga lembaga swasta.

"Menyikapi kondisi Pandemi Covid-19 maka Bank Indonesia melakukan strategi khusus dalam memberikan layanan pemenuhan uang tunai. Antara lain yang pertama kepada lembaga dan instansi pemerintah, dilakukan secara wholesale dengan pengambilan uang (penukaran) secara langsung di BI oleh perwakilan secara kolektif. Kedua masyarakat dilakukan oleh seluruh kantor layanan Bank yang tetap beroperasi sesuai dengan kebijakan masing-masing bank," paparnya.

Terkait hal tersebut, dia menuturkan, bahwa pihaknya telah meminta perbankan agar menjaga ketersediaan uang layak edar yang higienis baik melalui teller maupun mesin ATM/CDM/CRM, serta senantiasa mengedukasi/menerapkan protokol kesehatan/pencegahan penanganan Covid-19.

"Penukaran ini dapat dilakukan hingga tanggal 11 April 2021, disisi lain, BI juga memperkuat layanan/fasilitas pembayaran non tunai terlebih dengan himbauan untuk meminimalkan kontak fisik termasuk dalam kegiatan transaksi. Selain menggunakan mesin EDC, penggunaan QRIS terus didorong untuk mempercepat elektronifikasi transaksi, dimana QRIS memiliki beberapa keuanggulan, antara lain Cepat-Mudah-Murah-Aman-Handal (CEMUMUAH)," ucapnya.

Dia menambahkan strategi penggunan transaksi non tunai juga dilakukan dengan terus melakukan penambahan jumlah merchant QRIS melalui elektronifikasi pasar dan juga tempat public lainnya serta melakukan sosialisasi secara berkelanjutan kepada masyarakat secara komunitas.

"Inovasi use – case QRIS juga dikembangkan untuk mitigasi Covid-19 dalam bentuk akuisisi Tanpa Tatap Muka (TTM) dengan mengirimkan foto QRIS melalui messaging apps. Pedagang cukup mengirimkan foto QRIS melalui messaging apps (cth : whatsapp) kepada customer. Selanjutnya customer memasukkan gambar tersebut ke aplikasi QRIS untuk melakukan pembayaran," pungkasnya.

Penulis: Tiara Salampessy
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!