Sekilas Info

106 Orang Calon Taruna Polri Tahun 2021 Asal Maluku Mulai Diseleksi

satumalukuID/Istimewa

satumalukuID- Sebanyak 106 orang calon Taruna/Taruni Akademi Kepolisian (Akpol) Tahun 2021, mulai diseleksi Panitia Penerimaan Daerah (Panda) Polda Maluku.

Seleksi ditandai dengan penandatangan pakta integritas dan pengambilan sumpah, yang dipimpin langsung oleh Kapolda Maluku Irjen Pol Refdi Andri, di Rupatama Mapolda Maluku, Kota Ambon, Jumat (16/4/2021).

"Sumpah yang baru saja dilakukan adalah janji dan komitmen kita bersama dalam melaksanakan seleksi ini dengan bersih sesuai dengan aturan kepolisian yang kita kenal sebagai prinsip Betah, Bersih Akuntabel dan Transparan," kata Kapolda dalam sambutannya.

Kapolda mengatakan pentahapan yang dilalui peserta calon Taruna Akpol cukup berat setelah dinyatakan lulus. Mereka akan kembali menjalani seleksi tingkat pusat, mengikuti pendidikan selama empat tahun.

"Mereka juga akan melaksanakan pendidikan awal kurang lebih sepuluh minggu bersama para taruna lain yang berasal dari TNI AD, AL dan AU," katanya.

Kepada peserta maupun panitia seleksi, Kapolda menekankan untuk tidak melakukan penyimpangan, dan tetap menjalankan seleksi sesuai sumpah dan janji yang diikrarkan.

"Lakukan pengawasan seleksi dengan baik karna kita sudah bersumpah dan berjanji. Olehnya itu sebagai orang yang waras dan sehat hendaknya sumpah dan janji yang kita lakukan wajib kita laksanakan," tegasnya.

Khusus untuk peserta, Orang nomor 1 Polda Maluku ini meminta untuk mengikuti semua item seleksi dengan baik. Kuatkan tekad dan keyakinan yang kuat dalam mengikuti seleksi.

Di sisi lain, para peserta diminta untuk tetap percaya diri, serta tidak percaya kepada siapapun yang memberi janji meluluskan dalam seleksi ini.

"Kepada orang tua agar tidak terpengaruh dengan informasi apapun, seperti tawaran jasa kelulusan. Peserta lulus tergantung diri sendiri. Karena jika nilai psikologi, kesamaptaan, akademik dan lainnya memenuhi syarat dan ketentuan maka pasti akan lulus mengikuti pendidikan di Akpol," tegasnya.

Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol M. Rum Ohoirat, mengungkapkan, pelaksanaan penandatangan pakta integritas dilakukan menggunakan protokol kesehatan. Seperti menjalani proses pemeriksaan suhu tubuh, wajib menggunakan masker, dan jaga jarak.

Bahkan, dalam proses penandatangan pakta integritas hanya diwakilkan oleh 13 orang peserta dari 106 calon Taruna/Taruni Akpol. Sementara untuk orang tua hanya diperbolehkan untuk 2 orang.

"Jadi untuk calon Akpol ada 106 orang. 9 wanita, 97 pria. Sementara peserta calon Taruna Akpol yang ikut itu 13 dan 2 orang tua," terangnya.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!