Sekilas Info

Lantamal Ambon Gelar Vaksin Dosis 2 Diawali Rapid Test Antibody

satumalukuID/Istimewa Danlantamal IX Ambon Laksamana Pertama TNI Eko Jokowiyono tampak sedang melalui tahapan vaksinasi dosis dua di Makolantamal, Kota Ambon, Kamis (15/4/2021).

satumalukuID- Seluruh prajurit Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX/Ambon, kembali menjalani vaksinasi Covid-19 dosis dua, Kamis (15/4/2021).

Sebelumnya, para personel baik Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS ini, menjalani vaksinasi dosis pertama yang diawali pemeriksaan rapid test antibody pada Kamis (18/3/2021) lalu.

Penyuntikan vaksinasi tahap pertama dan kedua dilakukan Tim kesehatan Rumkital dr. F.X Suhardjo yang berlangsung di Gedung Dr. Johanes Leimena, Kompleks Markas Komando Lantamal IX, Kecamatan Baguala, Kota Ambon.

"Kalau vaksin pertama kami lakukan tanggal 18 Maret 2021. Pada tahap pertama sebelum divaksin para peserta menjalani rapid test antibody. Kalau reaktif, tidak kami suntik," kata Kadispen Lantamal IX Ambon melalui Paur Libra, Letda Laut Agung Zahari Wibowo, kepada satumaluku.id.

Vaksinasi yang dilaksanakan Lantamal IX, kata Agung, untuk mendukung program pemerintah dalam upaya memutus matarantai penyebaran Covid-19. Ini juga sesuai kebijakan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) kepada petugas publik.

"Vaksin juga dilakukan berdasarkan Keputusan Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit No HK.02.02/4/423/2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Vaksinasi dalam upaya pecegahan dan percepatan penanganan Covid-19 khususnya di wilayah kerja Lantamal IX dan Maluku pada umumnya," jelasnya.

Menurutnya, meski telah dilakukan vaksinasi, namun seluruh prajurit Lantamal IX Ambon tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker dengan benar, menjaga jarak serta hindari kerumunan, dan mencuci tangan pakai sabun dengan rutin.

Pada tahap pertama, Agung mengaku peserta vaksinasi menjalani pemeriksaan rapid test antibody terlebih dahulu. Setelah itu baru melalui tahapan pendaftaran, screening, penyuntikan dan observasi selama 30 menit, kemudian diberikan kartu vaksinasi.

Lebih lanjut, Agung menyebutkan, dalam pelaksanaan vaksinasi tahap dua hari ini, diawali Komandan Lantamal IX Laksamana Pertama TNI Eko Jokowiyono, dan Komandan Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmada III Laksamana Pertama TNI Rudhi Aviantara.

"Selanjutnya dikuti Wadan Lantamal IX, Para Pejabat Utama Lantamal IX, Para Kasatker serta seluruh Prajurit dan PNS Lantamal IX," tandasnya.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!