Sekilas Info

Kepala Sekolah SMK 3 Banda Dituntut Penjara Tujuh Tahun, Terbukti Korupsi Dana Bos

satumalukuID/Husen Toisuta Pengadilan Negeri Ambon, Kota Ambon.

satumalukuID- Terdakwa Rahman Lahai, terbukti bersalah bagi jaksa penuntut umum. Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Banda Kabupaten Maluku Tengah ini dituntut hukuman penjara tujuh tahun.

Tuntutan tujuh tahun ini disampaikan jaksa penuntut yaitu Ardian Junaidi dan Eko Nugroho dalam sidang dengan agenda pembacaan tuntutan di Pengadilan Negeri Ambon, Selasa (13/4/2021).

Dalam sidang yang dipimpin Majelis Hakim Pasti Tarigan ini, jaksa mengaku terdakwa terbukti korupsi Dana Bos tahun 2015 sampai 2019 di sekolah yang dipimpin senilai Rp.624.739.200.

"Meminta Majelis Hakim menghukum terdakwa tujuh tahun penjara, karena terbukti dengan sadar melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana diatur dalam pasal 2 dan pasal 3 jo pasal 18 UU Nomor 31 tahun 1999 jo UU Nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo pasal 64 KUHP," baca jaksa Junaedi dalam amar tuntutannya.

Tak hanya hukuman kurungan badan, terdakwa juga diminta membayar denda sebesar Rp.200 juta, subsider 6 bulan. Ia juga diminta membayar uang pengganti Rp.624.739.200.

"Jika dalam waktu satu bulan terdakwa tidak membayar, maka harta benda akan disita, jika tidak ada harta benda, maka diganti dengan hukuman 1 tahun penjara," tambahnya.

Setelah pembacaan tuntutan, Majelis Hakim kemudian menunda sidang hingga pekan depan dengan agenda pembelaan.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!