Sekilas Info

PKK Maluku Hijaukan Talaga Cinta di Desa Suli, Libatkan Partisipasi Sejumlah Pihak

satumalukuID/Humas Pemprov Maluku Ketua TP PKK Provinsi Maluku, Widya Pratiwi Murad Ismail (kanan) bersama Kepala KPH Ambon, Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Ir. Jacqueline June Fransz, M.Si (kiri), menanam Pohon Titi di Talaga Cinta, Desa Suli, Pulau Ambon, Senin (12/4/2021).

satumalukuID - Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Maluku, Widya Murad Ismail, mengaku merasa terpanggil untuk bersama-sama kaum perempuan dan pemerintah, serta masyarakat untuk menghijaukan lingkungan dengan menanam pohon endemik Maluku yang semakin hari semakin berkuranng jumlahnya, yakni Gmelina Molucana atau lebih dikenal dengan nama Kayu Titi.

Selain melibatkan pihak Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Ambon, Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, sebagai penyedia bibit tanaman, Widya selaku inisitor kegiatan, juga PKK dan pemerintah Negeri Suli, serta pemilik dan pengelola OWA Talaga Cinta, dan Komunitas Maluku Satu Rasa, serta anak-anak sekolah di daerah tersebut.

“Apa yang kita lakukan saat ini adalah sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan juga dalam rangka menyongsong Hari Kartini pada 21 April mendatang. Melalui penanaman pohon ini juga kami harapkan lingkungan dapat menjdi teduh, sejuk, dan segar,” ujar Widya saat aksi penanaman pohon di lokasi hutan Desa Suli Kampung Banda, yang terkenal dengan Talaga Tihu atau Talaga Cinta, di Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah ini, Senin (12/04/2021).

Widya menuturkan, bahwa langkah tersebut sebagai bentuk kepedulian perempuan Maluku bersama KPH Ambon serta masyarakat sekitar lokasi penanaman, dalam upaya mengurangi panas bumi dan perubahan cuaca ekstrim yang mengakibatkan terjadinya perubahan iklim global yang semakin dirasakan manusia saat ini.

“Dengan menanam dan memelihara pohon akan memberikan manfaat yang sangat banyak bagi manusia dan lingkungan. Termasuk saat ini, dimana manusia harus hidup beradaptasi dengan kenormalan baru selama Covid-19,” ujarnya.

Menurut Widya, sebanyak 150 anakan pohon ditanam di lokasi tersebut dari berbagai jenis, masing-masing anakan pohon yang ditanam yakni 120 anakan pohon Titi, 10 anakan pohon mangga okulasi, dan 20 anakan pohon rambutan okulasi.

Baca Juga

error: Content is protected !!