Sekilas Info

Dinas PUPR Maluku Sosialisasi Penyelamatan Air 2021 Libatkan Komunitas Peduli Sungai

satumalukuID - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Maluku melalui Bidang Sumber Daya Air, melaksanakan kegiatan sosialisasi Penyelamatan Air tahun 2021 dengan turut melibatkan Komunitas Peduli Sungai di Kota Ambon dan sekitarnya.

Sosialisasi tersebut dibuka oleh Kepala Bidang Tata Ruang Dinas PUPR Maluku, Liesye Labobar ST MSi yang membacakan sambutan Kadis Dr Muhammat Marasabessy SP ST M.Tech bertempat di Hotel Marina Ambon, Jumat (9/4/2021).

Sebagai narasumber dalam sosialisasi, diskusi dan tanya jawab itu adalah Dr Obednego D. Nara ST MT dari Politeknik Negeri Ambon.

Dalam sambutannya, Marasabessy mengatakan, kegiatan tetsebut berkaitan dengan Hari Air Dunia (World Water Day) yang jatuh pada 22 Maret.

Peringatan ini, kata dia, bertujuan untuk menarik perhatian masyarakat internasional akan pentingnya air bersih dan untuk menyadarkan masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sumber air bersih yang berkesinambungan.

"Sehingga untuk dapat mengerti, memahami dan bekerjasama dalam tindakan penyelamatan air khususnya di Kota Ambon tercinta," ujarnya.

Menuru dia, dalam pemanfaatan sumber daya air perlu ditingkatkan usaha-usaha konservasi SDA, pengendalian daya rusak air dan pendayagunaan sumber daya air yang berkelanjutan dan berkeadilan.

Dia menambahkan, dengan tema peringatan tahun ini yakni "Mengelola Air Menjaga Kehidupan" dimaksud untuk mengajak semua pihak agar mampu mengatur penggunaan air betsih secara bijak guna masa depan.

"Saat ini sudah terjadi banyak pencemaran air, tidak terkecuali di kota Ambon dan sekitarnya. Sehingga diharapkan kita semua dapat menjadi contoh dan ikut berpartisipasi menjaga kebersihan lingkungan air serta sebijak mungkin menggunakan air agar senantiasa tersedia dengan kuantitas dan kualitas yang memadai," ungkap Marasabessy.

Pada keguatan yang sama, ketua panitia kegiatan tersebut Mathilda H. Leatemia ST melaporkan, peserta yang mengikuti adalah dari komunitas peduli sungai dan staf bidang sumber daya air Dinas PUPR Maluku.

Metode yang dipakai dalam sosialisasi tersebut yaitu presentasi materi, tanya jawab dan diskusi. Sedangkan pembiayaan dibebankan pada dana APBD DPA Bidang Sumber Daya Air Sub Kegiatan Pembinaan dan Pemberdayaan Kelembagaan Pengelolaan SDA Kewenangan Provinsi tahun anggaran 2021.

Penulis: Rommer Tahapary
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!