Sekilas Info

Direktur AMO Harap Semangat Almarhum Glenn Fredly Jadi Spirit Komunitas Musik di Ambon

satumalukuID/Dok. Tersy Krikhoff Ronny Loppies, Direktur Ambon Music Office dan Focal Point of Ambon UNESCO City of Music.

satumalukuID - Direktur Ambon Music Office, Ronny Loppies berharap, gagasan-gagasan yang pernah dibuat oleh musisi papan atas tanah air berdarah Maluku, Glenn Fredly, bisa menjadi standar atau menjadi pemikiran-pemikiran baru, untuk bisa juga mempertahankan Ambon sebagai City of Music.

Pernyataan tersbut disampaikan Ronny, pada acara talkshow betajuk “Kasih Di Hari Putih”, yang digelar atas kerjasama Pemerintah Kota Ambon, Ambon Music Office, Bumi Entertainment, Rumah Beta, dan Musik Bagus, untuk memperingati 1 tahun berpulangnya almarhum Glenn Fredly, berlangsung di Caffe 27, Taman Pattimura Ambon, Kamis (8/4/2021).

"Jadi kita memberikan apresiasi kepada almarhum Glenn atas kiprahnya. Dan yang terpenting itu adalah semua gagasan dan ide terkait musik di Kota Ambon, mestinya muncul dari komunitas dan masyarakat, karena itu adalah inti dari Ambon City of Music, serta spirit itulah yang telah dilakukan oleh Glenn. Semoga akan muncul Glenn Glenn baru, yang tidak hanya bermusik tapi mempunyai dampak kepada hal-hal di luar musik," ujar Ronny.

Focal Point Ambon UNESCO City of Music ini mengingatan, almarhum Glenn Fredly sudah menunjukkan karya-karya besar secara nasional, internasional, termasuk secara lokal di Kota Ambon.

"Tapi kita jangan hanya memberikan apresiasi kepada almarhum saja, karena yang terpenting itu, melanjutkan apa yang beliau sumbangkan untuk musik terutama di Kota Ambon," pungkas Ronny.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon Anthony G. Latuheru katakan, mengenang satu tahun kepergian Glenn Fredly, dirinya yakin tidak ada orang di Indonesia yang tidak kenal almarhum.

"Apalagi di Maluku dan khususnya Ambon, pasti tidak ada yang tidak mengenal Bung almarhum Glenn. Lagu-lagunya tidak termakan zaman. Apalagi karya-karya besarnya, bukan hanya buat Kota Ambon, namun juga bagi musik Indonesia," tutur Anthony.

Dia juga sanat mengapresiasi, Glenn Fredly dan teman-temannya yang telah menggagas Konfrensi Musik Indonesia. "Itu bukan Konfrensi musik yang ketiga atau keempat tapi itu yang pertama kali di Indoneisa, itu yang harus kita berikan apresiasi," tandas Anthony.

"AMO dan komunitas musik ini hadir di tempat ini, hadir di tengah kesederhanaan. Di tengah pandemi kita lakukan kegiatan hari ini. Dengan juga harapan bahwa apa yang digagas oleh Bung Glenn, dan inspirasinya, suatu hari nanti akan memunculkan lagi generasi baru dari Bung Glenn Fredly," tambahnya.

Dengan begtiu, kata Anthony, Glen Geln baru nanti bisa melanjutkan apa yang dilakukan oleh almarhum. Menggagas kreasi-kreasi baru di Ambon, yang arahnya lebih pada perkembangan ekosistem bermusik di Kota Ambon.

"Jadi nanti berbicara mengenai musik, bukan cuma di gedung yang mewah, tapi di jalan pun bisa. Dan itu ditunjukkan oleh Bung glenn, dan ini harapannya terus dilanjutkan. Harapan kita, apa yang ada di Bung Glenn Fredly ini menjadi inspirasi bagi musisi kita yang ada di Ambon," ujarnya.

Penulis: Tiara Salampessy
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!