Sekilas Info

Banyak Temukan Senjata, Amunisi dan Minim Pelanggaran Pangdam XVI/Pattimura Apresiasi Kinerja Satgas Pamrahwan

satumalukuID/Istimewa Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin.

satumalukuID- Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XVI/Pattimura, Mayjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin, mengapresiasi kinerja dari Satuan Tugas Pengamanan Daerah Rawan (Satgas Pamrahwan) yang bertugas di Maluku dan Maluku Utara Tahun 2021.

Selama 5 bulan menjalankan tugas di wilayah hukum Kodam Pattimura, Satgas Pamrahwan dinilai berhasil menjalankan pembinaan teritorial. Buktinya, mereka sukses memperoleh banyak senjata api, baik rakitan maupun organik, amunisi, dan bahkan minim melakukan pelanggaran.

Ucapan apresiasi yang diberikan Pangdam disampaikan langsung dalam rapat bersama jajaran Satgas Pamrahwan yaitu Yonif 734 dan Yon Armed 8, melalui video conference, Kamis (08/04/2021).

Satgas Pamrahwan Yonif 734 bertugas di Provinsi Maluku, dan Yon Armed 8 di Maluku Utara. Sejak Desember 2020, dua Batalyon milik TNI Angkatan Darat ini sudah mengamankan wilayah Maluku-Maluku Utara.

Respon positif dari Pangdam, yang merupakan putra asli Maluku ini, mengakui berbagai prestasi, sudah mampu diraih Satgas Pamrahwan selama mengamankan bumi rempah-rempah tersebut.

Secara umum, ungkap Pangdam, Satgas mampu melaksanakan tugas dengan baik dan berhasil melakukan pembinaan teritorial di wilayah penugasan.

"Ini karena hasil kerja keras kalian dan kerja sama yang yang baik antara komandan satgas dengan anggotanya, sehingga kalian dapat memberikan kontribusi yang baik, dan ini akan kami laporkan kepada Komando Atas. Dalam hal ini, Bapak Kasad dan Bapak Panglima TNI," katanya.

Selain sejumlah pencapaian prestasi yang diraih, orang nomor 1 TNI AD di Maluku dan Maluku Utara ini juga mengakui keberadaan Satgas Pamrahwan mampu memberikan rasa aman, serta bisa menciptakan suasana kondusif di tengah masyarakat.

Hal tersebut, kata mantan Staf Ahli Bidang SDM dan Teknologi Kemenko Polhukam ini, terbukti dengan mereka mampu menetralisir berbagai kejadian yang terjadi. Sehingga telah memberi rasa aman, atau perlindungan bagi masyarakat yang ada di wilayah Pos-pos penjagaan.

Selain itu, lelaki kelahiran Ambon tahun 1964 silam ini berpesan kepada Satgas Pamrahwan agar dapat saling memotivasi antar sesama rekan tugas.

Komandan Satgas juga diminta untuk terus melaksanakan pengawasan dan pengendalian terhadap anak buahnya, sehingga tidak terjadi pelanggaran seperti kemungkinan menjual ataupun menyalahgunakan amunisi, dan terhindar dari perbuatan asusila.

Prajurit Satgas juga diminta untuk tetap melaksanakan Prosedur Tetap (Protap) pengamanan materil. Ini harus dilakukan agar tidak terjadi penyalahgunaan di luar tugas pokok.

"Selalu mendekatkan diri kepada Tuhan, agar selalu mendapat bimbingan dan petunjuk-Nya selama melaksanakan tugas, termasuk di masa Pandemi saat ini dengan menaati protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19," pintanya.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!