Sekilas Info

HMI Komisariat Banda Gelar Pelatihan Kepemimpinan, Warek STKIP Harap Semangat Perjuangan Mahasiswa Kembali

satumalukuID/Istimewa

satumalukuID- Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Banda, menggelar Basic Training Latihan Kepemimpinan (LK) I dan angkatan ke-XII HMI Cabang Ambon Periode 2019-2020.

Kegiatan pengkaderan HMI ini berlangsung di Kampus Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Hatta Sjahrir, Banda Neira, Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Kamis (8/4/2021).

Wakil Rektor (Warek) I Hatta Sjahrir, Najirah Amsi, dalam sambutannya mengakui HMI merupakan sebuah organisasi pengkaderan dan perjuangan yang sangat luar biasa.

"Organisasi HMI sudah banyak melahirkan pemimpin-pemimpin Bangsa dan Negara sejak berdiri pada tanggal 5 februari 1947," katanya.

Olehnya itu, Warek bagian administrasi itu berharap melalui momentum LK I ini, HMI dapat kembali berkiprah di kampus STKIP Hatta Sjahrir.

"Saya berharap HMI dapat kembali berkiprah dan mengembalikan semangat perjuangan mahasiswa dalam dunia organisasi," pintanya.

Senada, Warek III Bidang Kemahasiswaan, Aditya Putra Basir, mengaku sangat bahagia dan merasa bangga dengan pengurus HMI Cabang Ambon yang berniat baik datang di Banda Neira untuk menjalankan proses pengkaderan LK I.

Menurutnya, selama ini para mahasiswa di kampus STKIP Hatta Sjahrir sangat antusias dengan kegiatan-kegiatan organisasi. Sehingga harapannya dengan proses LK I HMI, mampu mengembalikan semangat keorganisasian dalam diri setiap mahasiswa di Banda.

"Kami juga berharap pengkaderan HMI dapat membangkitkan semangat pergerakan dalam dunia kampus dan di lingkup masyarakat di kota Banda Neira," pintanya.

Sementara itu, Ketua Umum HMI Cabang Ambon, Burhanudin Rumbouw, sebelum membuka kegiatan, menyampaikan terima kasih kepada alumni HMI Komisariat Banda yang masih tetap semangat, dan meluangkan waktu menyiapkan berbagai hal demi kelancaran kegiatan.

"Kami sampaikan terima kasih juga kepada Bapak Rektor STKIP Hatta Sjahrir dan seluruh Civitas Akademik atas bantuan dan dukungan yang sangat luar biasa," ucapnya.

Burhanudin menegaskan, sebagai organisasi kemahasiswaan, pengkaderan dan perjuangan, proses pelatihan kepemimpinan di HMI seyogyanya dijadikan sebagai jantung sebuah organisasi.

Latihan Kepemimpinan HMI, kata dia, dapat menjawab keutuhan mahasiswa dalam dunia keorganisasian baik secara internal maupun eksternal.

Lebih lanjut dikatakan, melalui dinamika panjang yang hampir 4 tahun lebih, HMI Komisariat Banda mengalami mati suri. Kendati begitu, tidak mengurangi semangat "hijau hitam" bagi alumni Komisariat, maupun pengurus HMI Cabang Ambon untuk senantiasa berkomunikasi mengibarkan kembali Khitah perjuangan.

"Kami berharap semoga dengan momentum basic training ini, Komisariat Banda kembali aktif dan menjalankan tugas-tugas organisasi sebagai kader umat dan kader bangsa," harapnya.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!