Sekilas Info

Sempat Hilang Kontak di Perairan Pulau Tayando Maluku Tenggara Sudirman Akhirnya Ditemukan Selamat

satumalukuID/Istimewa Proses pencarian nelayan hilang menggunakan KN SAR Bharata, Sabtu (3/4/2021).

satumalukuID- Sudirman Rahareng, warga Desa Ohoi EL, Kecamatan Kei Besar, Kabupaten Maluku Tenggara, akhirnya ditemukan dengan selamat oleh tim SAR Gabungan, pada Sabtu (3/4/2021) sekitar pukul 17.02 WIT.

Nelayan 48 tahun ini sebelumnya dikabarkan hilang kontak di sekitar Perairan Pulau Tayando, Maluku Tenggara. Ia melaut sejak Jumat (2/4/2021) sekitar pukul 10.00 WIT.

Sudirman ditemukan tim SAR gabungan di Perairan Pulau ER, Maluku Tenggara, atau tepatnya pada koordinat: 5° 32.012' S - 132° 35.578' E.

"Terima info dari Korpos Tual bahwa korban telah ditemukan oleh Tim Sar Gabungan di Perairan Pulau ER dan di evakuasi ke Desa Ohoi EL dalam keadaan selamat," ungkap Kepala Basarnas Ambon, Mustari.

Mustari mengaku, korban sebelumnya dikabarkan hilang kontak oleh Ardi Rahareng, keluarganya pada sore tadi atau sekitar pukul 15.50 WIT.

"Korban ini pergi menangkap ikan menggunakan long boat sejak kemarin (Jumat) pukul 10.00 WIT. Biasanya kembali pukul 18.00 WIT. Namun karena belum kembali lalu dilaporkan hari in," terangnya.

Mendapat informasi kejadian yang membahayakan nyawa manusia di laut, Mustari mengaku pihaknya kemudian mengerahkan tim SAR Tual menggunakan Kapal Negara SAR Bharata.

Proses pencarian melibatkan unsur SAR lainnya seperti 4 personil Brimob, 1 anggota Bakamla dan 4 orang nelayan setempat, ditambah Rescuer Pos SAR Tual 5 orang dan ABK KN SAR Bharata 8 orang.

"Kapal menuju lokasi pencarian pada koordinat: 5° 22.632' S - 132° 14.050' E dengan Heading 294.92° arah barat laut dari Dermaga Perikanan Tual," terangnya.

Upaya pencarian, kata Mustari, akhirnya membuahkan hasil. Korban ditemukan sore tadi sekitar pukul 18.20 WIT, dalam kondisi selamat.

"Dengan ditemukannya korban maka Ops SAR dinyatakan selesai dan arahan untuk di tutup. Kepada unsur potensi SAR yang terlibat dikembalikan ke kesatuannya dengan ucapan Terima Kasih," tandasnya.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!