Sekilas Info

Ribuan Guru Kontrak dan Honor di Maluku Belum Terima Gaji Dari Bulan Januari, Ini Kata Kadis Pendidikan

satumalukuID- Sejak bulan Januari 2021, ribuan guru kontrak dan honor di wilayah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, belum menerima gaji.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku DR. Insun Sangadji, mengaku pihaknya akan menghadap DPRD Maluku. Gaji para guru kontrak itu akan dibayar tergantung hasil rapat tersebut.

"Saya hari ini menghadap DPR (Maluku) bawa semua itu (Juknis). Kalau mereka (DPRD) setuju dengan apa yang kami susun dalam waktu dekat (SK) sudah harus keluar dan mereka sudah harus dapat gaji," kata Insun dikonfirmasi satumaluku.id usai kegiatan Coffee Morning di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, di Kota Ambon, Kamis (1/4/2021).

Menyoal terkait adanya permintaan nomor rekening dari guru-guru honor, padahal mereka belum mendapat SK sebagai dasar pembayaran, Insun membenarkannya.

"Guru-guru honor itu memang harus diminta nomor rekening yang atas persetujuan sekolah. Kalau sudah mengirimkan bahwa dia sudah tahu persis dia akan jadi guru kontrak dia akan kirim rekening," jelasnya.

Pihaknya, tambah Insun, ingin secepatnya diselesaikan. Sehingga jika Gubernur Maluku Murad Ismail, sudah menandatangani (Surat Keputusan) maka upah mereka langsung di transfer ke rekening masing-masing.

"Itu kenapa kita mau cepat. Ketika bapak Gubernur tandatangan guru kontrak saya penugasan. Surat penugasan dari bapak Gubernur langsung uang masuk di rekening," terangnya.

Insun mengaku, semua yang dilakukan terkait guru kontrak dan honor atas sepengetahuan kepala sekolah. Apabila terjadi kesalahan maka kepala akan harus bertanggungjawab.

"Semua itu dilakukan atas sepengetahuan kepala sekolah. Kalau ada yang salah berarti kepala sekolah yang salah karena dia yang kirim itu (guru kontrak dan honor)," tandasnya.

Foto: Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku DR. Insun Sangadji (tengah). satumalukuID/Husen Toisuta

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!