Sekilas Info

Pantau Vaksinasi di Ambon Jokowi Targetkan Akhir Tahun 2021 Korona Berakhir

satumalukuID- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menargetkan pada akhir tahun 2021 nanti, persoalan pandemi virus korona (Covid-19) dapat diselesaikan.

Kepala Negara mengaku virus mematikan itu akan berakhir asalkan sebanyak 70 persen masyarakat Indonesia, sudah divaksin Covid-19.

Target tersebut disampaikan Jokowi saat memantau proses vaksinasi yang berlangsung di Rumah Raja Negeri Hitu Lama, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah (Pulau Ambon), Kamis (25/3/2021).

Jokowi bersyukur setelah melihat proses vaksinasi di Kota Ambon maupun di Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku berjalan dengan lancar. Ia juga melihat tata kelola manajemennya rapi, dan bagus.

"Dan saya harapkan ini terus dilakukan sampai nanti sesuai dengan target yang kita berikan. Jadi kalau 70 persen masyarakat Indonesia sudah divaksin nanti akan terjadi kekebalan komunal," ungkapnya.

Orang nomor wahid Indonesia ini menjelaskan terjadinya kekebalan komunal artinya kalau seseorang terpapar covid, maka sudah tidak bisa lagi ditularkan kepada orang lain.

"Jadi bisa kita hentikan. Memang ini proses yang masih panjang. Target kita nanti akhir tahun Insya Allah sudah selesai semuanya, asal vaksinasi ini berproses seperti ini terus," harapnya.

Presiden mengaku sudah melihat proses vaksinasi di Pelabuhan Yos Sudarso, dan di RSUP dr. J. Leimena Ambon. Semuanya, kata dia, berjalan dengan baik.

"Saya juga berterima kasih kepada para tenaga kesehatan, para vaksinator yang sudah bekerja keras tiap hari layani masyarakat," terangnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini berharap agar permasalahan pandemi Covid-19 segera berakhir, sehingga persoalan ekonomi nasional, daerah maupun provinsi bangkit kembali.

"Kita berharap pandemi segera selesai, ekonomi nasional, daerah, provinsi semuanya bangkit kembali dan kita bisa bekerja dalam kehidupan sehari-hari seperti biasanya," harapnya.

Untuk diketahui, Jokowi melakukan kunjungan kerja selama dua hari di Ambon. Ia tiba pada Rabu (25/3/2021) pukul 16.05 WIT.

Setelah bermalam di Swissbell Hotel di Kota Ambon, pada Kamis (25/3/2021) hari ini mengunjungi sejumlah tempat di Kota Ambon; Pelabuhan Yos Sudarso memantau vaksinasi, dan meresmikan RSUP dr. J. Leimena Ambon.

Sementara di Kabupaten Maluku Tengah, Jokowi memantau vaksinasi di rumah Raja Negeri Hitu Lama, dan berdialog dengan masyarakat nelayan dan pedagang. Ia juga memberikan bantuan langsung kepada mereka.

Setelah melakukan sejumlah rangkaian kegiatan hari ini, Jokowi bersama rombongan diantaranya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri BUMN Erick Thohir, langsung balik ke Jakarta, sore tadi.

Foto: Presiden Jokowi didampingi Gubernur Maluku Murad Ismail saat memantau vaksin Covid di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Kamis (25/3/2021). satumalukuID/Istimewa

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!