Sekilas Info

Ini Kata Kadis ESDM Maluku Terkait Kemunculan Butiran Emas di Pesisir Pantai Desa Tamilouw

satumalukuID/Istimewa Warga Desa Tamilouw, Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah, tampak sedang mendulang emas di pesisir pantai desa tersebut.

satumalukuID- Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Maluku, Fauzan Chatib, mengaku belum dapat laporan resmi dari Pemerintah setempat terkait penemuan emas di pesisir pantai Negeri Tamilouw, Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah.

"Penemuan emas di pantai Negeri Tamilouw, informasinya baru beta (Saya) lihat di Medsos. Belum ada laporan resmi dari Pemda Kabupaten Maluku Tengah terkait kebenaran berita ini," kata Fauzan via selulernya, Selasa (23/3/2021).

Menurut Fauzan, sesuai Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2020, menjelaskan kewenangan pemerintah provinsi di bidang Mineral dan Batubara sudah menjadi kewenangan Pemerintah Pusat.

"Jadi bila ada laporan resmi dari Pemda Kabupaten Maluku Tengah terkait hal ini, katong (kita) akan laporkan ke Kementerian ESDM untuk diambil langkah-langkah selanjutnya," kata dia.

Fauzan mengatakan, kendati masih menunggu laporan resmi dari Pemda setempat, tapi pihaknya sudah mengambil langkah secara informal. Seperti mengirim video penemuan emas tersebut kepada Kepala Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi, serta Ditjen Mineral dan Batubara, Kementerian ESDM.

"Saat ini, secara informal katong sudah email video temuan emas dimaksud, sebagai informasi awal sambil menunggu laporan resmi kebenaran berita tersebut dari Pemda Kabupaten Maluku Tengah," tandasnya.

Untuk diketahui, penemuan butiran emas di bibir pantai Desa Tamilow, menghebohkan warga. Mereka berbondong-bondong mendulang emas di tepian pantai, Senin (22/3/2021).

Seorang warga Tamilouw yang dihubungi dari Ambon membenarkan penemuan tersebut. Lokasi penemuan emas berada pada kaki sungai Wai Loyain, atau berada tepat di antara tanjakan jalan Pohon Batu, Desa tersebut.

Berdasarkan video yang beredar luas di media sosial whatsaap, salah satu pendulang emas yaitu Sarifa Arey, mengaku mulai mendulang sejak pukul 08.00 WIT.

Ibu rumah tangga ini mengaku mendulang setelah mendapat kabar dari dua orang saudaranya. Dua kakaknya itu merupakan orang yang pertama kali menemukan lokasi emas tersebut.

Dari sekedar coba-coba mendulang, ibu rumah tangga itu ternyata benar mendapatkan butiran emas hasil dulang dengan peralatan seadanya.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!