Sekilas Info

Dua Dari Empat Tahanan Kabur di Rutan Ambon Ditemukan, Ini Perbuatan Kejahatan Mereka

satumalukuID/Husen Toisuta Suasana Rutan Klas IIA Ambon, Waiheru, Kecamatan Baguala, Kota Ambon, Rabu (17/3/2021).

satumalukuID- Dua dari empat orang tahanan kabur di Rutan Klas IIA Ambon, akhirnya ditemukan. Darman Adam diserahkan keluarga sendiri. Sementara Yeremias Sinay ditangkap saat bersembunyi dalam got, kawasan Batu Meja, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon.

Dua tahanan lainnya yaitu Fransisco Nahumury, dan Dominggus Saiya, hingga saat ini belum ditemukan. Pihak Rutan Ambon sudah berkoordinasi dengan pihak aparat Kepolisian.

Pelaksana Tugas Kepala Rutan Klas IIA Ambon, Husaini, mengungkapkan, para tahanan yang kabur terjerat kasus persetubuhan terhadap anak, trafficking, dan pencurian dengan kekerasan.

Darman Adam (23) melakukan kejahatan tindak pidana perdagangan orang (trafficking) dan perlindungan anak sebagaimana diatur dalam Pasal 2 ayat 1 UU No.21 Tahun 2007. Kasus yang menjerat warga Kebun Cengkih Ambon itu sampai saat ini masih bergulir di Pengadilan Negeri Ambon.

Untuk Yeremias Sinay (28), melakukan perbuatan persetubuhan terhadap anak, sebagaimana tertuang dalam Pasal 81 ayat 1 UU RI No 17 Tahun 2016. Kasus yang dilakukan warga Aboru Dusun Naira ini masih bergulir di Pengadilan Anak.

Sedangkan untuk Fransisco Nahumury, melakukan kejahatan pencurian dengan kekerasan atau Pasal 365 ayat 2 KUHPidana. Warga Passo ini sudah divonis hakim dengan hukuman penjara 4 tahun. Sementara Dominggus Saiya, warga Passo, ini juga melakukan perbuatan persetubuhan terhadap anak.

"Dua sudah ditangkap, satu Darman. Dia ini kita koordinasi dengan keluarga dan mereka yang menyerahkan dengan baik-baik," ungkap Husaini, ditemui satumaluku.id di kantornya, Rabu (17/3/2021).

Untuk proses penangkapan terhadap Yeremias, Husaini mengaku pihaknya sempat melakukan penyergapan di rumahnya. Tapi dia berhasil kabur dan bersembunyi di dalam selokan got.

Husaini mengaku sudah meminta bantuan aparat Polda Maluku. Foto-foto kedua tahanan yang belum ditemukan, masing-masing Fransisco dan Dominggus sudah tersebar di seluruh Polsek pada wilayah Polda Maluku.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!