Sekilas Info

Sebanyak 20 Peserta Kewang Muda Maluku Berlatih di Pulau Gunung Api Banda

satumaluku.id - Sebanyak 20 anak muda dari Kota Ambon, Kabupaten Seram Bagian Barat, Kabupaten Maluku Tengah (Pulau Haruku, Pulau Saparua, Nusalaut dan Kepulauan Banda), Kabupaten Kepulauan Aru, dan Kabupaten Maluku Tenggara mengikuti Pelatihan Kewang Muda Tahun 2021, di Pulau Gunung Api Banda, Kepulauan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, sejak Kamis (11/3/2021) hingga Senin (15/3/2021).

Kegiatan yang digelar Yayasan EcoNusa bersama Moluccas Coastal Care ini, mengususng tema “Kewang Dalam Pelestarian Kearifan Lokal Maluku.”

"Pelatihan ini ditujukan kepada anak–anak muda guna membangun pengetahuan lokal tentang Kewang yang tentunya memiliki tanggung jawab untuk pelestarian lingkungan baik darat maupun laut," ujar founder dan CEO EcoNusa Foundation, Bustar Maitar.

Menurut dia, kegiatan ini dimaksudkan agar membangun semangat dan pengetahuan yang baik bagi generasi muda, yang dapat ditindaklanjuti dengan menjaga lingkungan darat saja namun laut juga.

Para peserta, lanjut Bustar, diharapkan menjadi perpanjangan tangan untuk menghidupkan kembali kearifan lokal Kewang di daerah masing-masing.

"Pelatihan Kewang Muda Tahun 2021 ini, merupakan kegiatan pertama kali yang dilakukan di Maluku," terang Bustar.

Dia katakan dalam pelaksanaan kegiatannya, terdapat beberapa agenda pelatihan seperti Diskusi Interaktif “Kewang dan Lingkungan Hidup”, Kabar dari Lapang, hingga Aksi Perubahan.

"Pada kesempatan tersebut peserta akan diberi kesempatan untuk melaksanakan field trip lapangan selama setengah hari, dan melakukan observasi, wawancara hingga pemetaan masalah," tuturnya.

Peserta tambah Bustar, akan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok hutan dan kelompok laut.

"Hasil dari pelaksanaan field trip tersebut kemudian dipresentasikan oleh masing-masing kelompok untuk menggambarkan permasalahan yang didapatkan dan rencana aksi yang akan dilakukan," paparnya.

Pelatihan yang dilaksanakan selama lima hari ini, kata Bustar, melibatkan narasumber yang kompeten pada masing-masing isu yang akan dipelajari.

"Tujuan Pelatihan Kewang Muda untuk memperkenalkan tentang Kewang dan pentingnya tanggung jawab kewang terhadap lingkungan, visi dan misi gerakan lingkungan hidup, memetakan kekuatan diri, visualisasi impian dan apresiasi pribadi, merancang masa depan bersama, menggalang dan menggerakkan komunitas, serta merancang aksi untuk perubahan," pungkasnya.

Penulis: Tiara Salampessy
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!