Sekilas Info

Bandar Narkoba Terbesar di Tual Dibekuk, Aparat Gabungan Dihujani Batu

satumalukuID/Istimewa Kepala BNN Provinsi Maluku Brigjen Pol MZ. Muttaqien

satumalukuID- AHB alias R alias PE, bandar narkotika terbesar di Kota Tual, akhirnya dibekuk aparat gabungan dari Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Tual, Provinsi (BNNP) Maluku dan Kepolisian Resort (Polres) Tual, Kamis (11/3/2021).

Penangkapan AHB, target operasi BNNK selama ini, sempat membuat aparat gabungan kalang kabut. Pasalnya, mereka dihadang dan dihujani batu oleh sejumlah pemuda di Lorong Dalam Daerah Kiom, Jalan Pattimura, Kota Tual.

Beruntung, proses evakuasi tersangka dan barang bukti kala itu dibantu oleh BKO Polres Tual. Kendati begitu, 2 unit mobil tim gabungan dan 1 sepeda motor mengalami kerusakan akibat terkena lemparan baru.

Barang bukti yang berhasil diamankan aparat dari rumah korban yaitu 1 unit brankas, didalamnya terdapat 1 paket narkotika jenis sabu-sabu dalam plastik bening ukuran besar. Kemudian uang tunai sebesar Rp.11 juta, 10 paket narkotika dalam plastik bening ukuran kecil.

"Kami juga mengamankan 1 buah timbangan digital, 4 unit Hp, 4 buah alat hisap sabu (bong), 1 lembar kartu BNI, 1 buah alat penghancur sabu, 3 lembar uang palsu pecahan Rp 100 ribu dan 2 unit HT," ungkap Kepala BNN Provinsi Maluku, Brigjen Pol MZ. Muttaqien, Jumat (12/3/2021).

Muttaqien menjelaskan, penangkapan tersangka berawal saat pihaknya mendapat laporan informasi dari masyarakat terkait maraknya dugaan peredaran narkotika di Kota Tual dan Maluku Tenggara.

Mendapat kabar itu, kemarin sekitar pukul 10.00 WIT, tim BNN Provinsi Maluku, BNNK Tual dan Polres Tual, melakukan penyelidikan. Tujuannya untuk mempertajam info bandar pemasok narkoba terbesar di Tual tersebut.

Saat melakukan penyelidikan, tim penyidik dari BNN Provinsi Maluku, BNNK Tual dan Polres Tual berhasil menangkap tangan target bandar yaitu AHB, pukul 17.30 WIT.

Kala itu, AHB sedang melakukan transaksi di depan Rama Indah, Jalan Watdek, Maluku Tenggara.
"Barang bukti yang kami amankan saat itu yakni 1 paket narkotika jenis sabu beserta sepeda motor yang digunakan TO," terangnya.

Berhasil diamankan, tim kemudian menggiring AHB di kediamannya. Tim bergerak mendatangi dan melakukan penggeledahan. Sebab dikhawatirkan barang bukti yang disimpan akan dihilangkan.
"Alhamdulillah, puji syukur, hasilnya Tim menemukan sejumlah barang bukti di kamar khusus milik tersangka Bandar tersebut," jelasnya.

Setelah usai melakukan penggeledahan, tersangka bersama barang bukti kemudian dibawa ke markas BNNK Tual.

"Tiba - tiba tim dihadang dan dilempari batu oleh sebagian pemuda yang diduga pengikut tersangka Bandar. Sehingga adanya kerusakan terhadap 2 unit mobil tim gabungan dan 1 sepeda motor yang dipakai Tim. Namun dapat dibantu dan dievakuasi oleh BKO petugas Kepolisian Polres Tual," jelasnya.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!