Sekilas Info

Bupati Seram Barat Larang Sejumlah Wartawan Jalankan Tugas Jurnalistik

satumalukuID- Belum lagi "dingin" kasus kekerasan dan intimidasi dialami seorang wartawan di Kantor Bupati Seram Bagian Barat (SBB), Kamis (4/3/2021) lalu. Kini muncul lagi kasus serupa. Bahkan diduga dilakukan oleh Bupati SBB, M. Yasin Payapo. Ia melarang sejumlah wartawan menjalankan tugas-tugas jurnalistik.

Perintah larangan yang diduga dilontarkan Bupati SBB ini beredar luas di media sosial whatsaap dalam rekaman audio dengan durasi 3.24 menit. Rekaman audio berlatar Bupati SBB sedang berada di atas podium menyampaikan sambutan dalam kegiatan Musyawarah Rencana Pembangungan (Musrenbang) RKPD Tahun 2022 Tingkat Kecamatan Kairatu Barat, Kairatu, Inamosol, Amalatu dan Elpaputih yang berlangsung di aula Kecamatan Kairatu Barat, Kabupaten SBB, Rabu (10/3/2021).

Dari rekaman tersebut, Bupati Yasin terdengar memerintahkan bagian Humas Pemerintah Kabupaten SBB untuk tidak mengijinkan sejumlah wartawan yang sudah dikantongi identitas mereka ini, menjalankan tugas-tugas jurnalistik.

"Saya ingatkan humas saya tidak boleh, black lis dia (wartawan), tidak boleh dia masuk ke mana-mana, tidak boleh diijinkan. Saya perintahkan kesempatan ini. Lalu ada (wartawan) satu lagi yang belum muncul, ada tiga kalau tidak salah, atau empat. Kita tidak ijinkan mereka masuk di mana-mana, masuk untuk mengambil pemberitaan di, yang lain (wartawan) boleh," tegas Yasin.

Belum diketahui pasti penyebab sehingga Yasin mengeluarkan perintah pelarangan terhadap sejumlah wartawan untuk menjalankan tugas-tugas jurnalistik di Kantor Pemerintahan Kabupaten SBB.

"Kita punya hak untuk bela diri. Sekali lagi kita punya hak untuk bela diri. Kita akan selektif, mana wartawan yang bisa memberitakan berita daerah SBB dan mana yang tidak bisa. Dari berapa tahun evaluasi kita ini sangat jelek, tapi bukan semua wartawan, ini berapa orang wartawan mencederai citra wartawan di SBB. Yang saya bilang ini harus disampaikan juga di media. Tulis, tulis. Publikasi ini. Katong orang kampung tapi biasa juga di Jakarta kampungnya," tandasnya.

Sementara itu, Sekda SBB, Mansur Tuharea, dihubungi satumaluku.id pada Kamis (11/3/2021) malam, di luar jangkauan. Pesan singkat via aplikasi whatsaap hingga berita ini diterbitkan belum dibalas.

Foto: Screenshot rekaman audio sambutan Bupati SBB M. Yasin Payapo. satumalukuID/Istimewa

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!