Sekilas Info

ABK Makmur Mandiri yang Terpeleset Jatuh di Perairan Dobo Ditemukan Tewas

satumalukuID- Sempat dinyatakan hilang, Rasmono, Anak Buah Kapal (ABK) KM Makmur Mandiri yang diduga terpeleset dan jatuh di perairan Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, akhirnya ditemukan tewas.

Lelaki 50 tahun ini ditemukan tim SAR gabungan dalam kondisi terapung di perairan Dobo, pada Minggu (7/3/2021) sekira pukul 21.00 WIT.

"Korban sudah ditemukan dalam kondisi meninggal dunia pada pukul 21.00 WIT," kata Kepala Basarnas Ambon, Mustari, Senin (8/3/2021).

Almarhum ditemukan setelah tim SAR melakukan operasi pencarian hari ke dua menggunakan Sea Rider milik TNI AL. Titik lokasi pencarian yaitu pada koordinat: 5º 46’ 59’’ S - 134º 11’ 1’’ E, dan 5º 42’ 39’’ S - 134º 11’ 1’’ E.

Berhasil ditemukan, jenazah pria paruh baya ini kemudian dievakuasi menuju Rumah Sakit Cendrawasih Dobo.

"Dengan ditemukannya korban dalam kondisi meninggal maka operasi SAR dinyatakan selesai dan ditutup," tandasnya.

Sekedar tahu, ABK KM Makmur Mandiri ini jatuh dan hilang di perairan Dobo, Kepulauan Aru, sejak Jumat (5/3/2021) malam.

Belum diketahui pasti penyebab jatuhnya korban. Tapi, diduga kuat lelaki 50 tahun itu terpeleset sebelum dinyatakan hilang. Korban diduga terjatuh pada koordinat 05°45.390’S - 134°14.637'E.

"Kami menerima informasi tentang kejadian man overboard pukul 11.00 tadi dari pihak kapal," kata Kepala Basarnas Ambon Mustari, Sabtu (6/3/2021).

Sebelum dilaporkan kepada tim SAR, pihak kapal sudah berupaya untuk melakukan pencarian menggunakan satu unit speedboat. Namun tidak ditemukan.

"Diduga korban terpeleset dan jatuh ke laut saat hendak keluar. Rekan korban telah melakukan pencarian dengan menggunakan speedboat tetapi dengan hasil nihil sampai saat ini," terangnya.

Mendapat kabar itu, kata Mustari, Team Rescue Unit Siaga SAR Dobo menggunakan Sea Rider milik TNI AL menuju lokasi pencarian.

"Unsur yang telibat juga dari TNI AL, Polairud dan nelayan setempat. Alut yang digunakan Sea Rider milik TNI AL, speedboat milik Polairud Dobo dan longboat milik nelayan setempat," tandasnya.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!