Sekilas Info

Senin, Pangdam Pattimura yang Baru Mayjen Jeffry Rahawarin Pisah Sambut dengan Mayjen Agus Rohman

Foto: Dsipenad Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI Andika Perkasa memimpin serah terima jabatan Pangdam XVI/Pattimura dari Mayjen TNI Agus Rohman S.I.P., M.I.P. kepada Mayjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin..

satumalukuID - Acara pisah sambut Panglima Kodam (Pangdam) XVI Pattimura yang lama dan baru yakni Mayjen TNI Agus Rohman dan Mayjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin akan dilaksanakan di Ambon, Senin (8/3/2021).

Hal ini setelah dilakukan serah terima jabatan Pangdam Pattimura dari Mayjen TNI Agus Rohman kepada Mayjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin oleh Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI Andhika Perkasa di Jakarta, Jumat (6/3/2021).

"Iya sudah serah terima jabatan di Mabes TNI AD. Jadi pak Jeffry Rahawarin sudah resmi menjabat Pangdam XVI Pattimura. Rencana pisah sambut nanti di Ambon pada hari Senin. Mohon dukungan dan doa restunya,," jelas Kapendam Pattimura, Kolonel Art Stefi Nuhujanan yang kini sedang ikuti pendidikan Sesko TNI kepada satumaluku.id via whatsapp nya, Minggu (7/3/2021).

Sementara itu, secara terpisah, Pangdam Pattimura Mayjen Jeffry Rahawarin yang dihubungi, membenarkan acara pisah sambut akan dilaksanakan pada Senin 8 Maret 2021.

"Pisah sambutnya di Ambon. Dijadwalkan pada Senin malam,"" ujar alumni SMA Negeri 1 Ambon 1984 dan Akabri tahun 1988 ini.

Dalam karier militernya, Mayjen Jeffry Rahawarin lebih banyak bergelut di bidang intelejen. Ia juga pernah menjabat Komandan Kodim di Lahat Sumsel dan Asintel Kodam II Sriwijaya.

Putra Maluku kelahiran Ambon 21 Januari 1964 ini, ditunjuk sebagai Pangdam Pattimura sesuai Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/145/II/2021 tanggal 23 Februari 2021.

Jabatan sebelumnya adalah Staf Ahli Bidang SDM dan Teknologi Kemenko Polhukam. Ia menggantikan Mayjen TNI Agus Rohman yang dapat promosi bintang tiga sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III.

Dengan demikian, sejak Kodam Pattimura berdiri yang masih bernama Kodam Maluku dan Irian Barat (MIB) pada tahun 1957, sampai kini sudah tercatat tiga putra Maluku yang menjabat Pangdam dari total sekitar 29 orang yang pernah memimpin Kodam tersebut.

Ketiga putra Maluku itu yakni Pangdam Pattimura pertama Kolonel Inf Herman Pieters (1957-1961), kemudian Brigjen TNI Max M. Tamaela (1999-2000) dan kini ketiga adalah Mayjen TNI Jeffry A. Rahawarin.

Jenderal bintang dua beristrikan Ny Arni Soekarni ini, memiliki tiga orang anak. Putra yang pertama mengikuti jejak ayahnya sebagai prajurit TNI, berpangkat Letnan Satu (Lettu) di kesatuan elit Kopassus, Yohanes Prasetyo Rahawarin. Yang kedua Hellen Anastasya sementara  Koas di fakultas kedokteran dan si bungsu Yonathan Prawira Rahawarin saat ini kelas 6 SD di Bandung. (novi pinontoan)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!