Sekilas Info

Satu Tahun Menjabat, Raja Negeri Rutong Ambon Reza Maspaitella Bagikan Tablet Gratis kepada Anak Sekolah

Ist Raja Negeri Rutong Ambon Reza Maspaitella berfoto bersama seusai membagikan Tablet Gratis kepada Anak Sekolah.

satumalukuID - Baru satu tahun menjabat sebagai Raja Negeri Rutong, Kota Ambon, Reza Valdo Maspaitella membagikan Tablet gratis untuk anak-anak sekolah. Dia melakukan hal tersebut sebagai upaya pembinaan agar siswa-siswi di Negeri Rutong bisa cepat menyesuaikan diri menghadapi era digitalisasi seiring dengan ditetapkannya negeri di timur Kota Ambon ini sebagai Smart Village (Desa Pintar) pertama di Provinsi Maluku.

"Satu tahun saya memimpin Negeri ini bertepatan dengan pandemi Covid-19 sehingga beberapa pembangunan dan agenda yang direncanakan tertunda, dan saya bagikan sejumlah tablet kepada anak-anak sekolah biar mereka bisa semangat dalam belajar online dan juga bisa berkreatif untuk mengimbangi jaman di era digital," ungkap Raja Rutong Reza Maspaitella dalam keterangannya yang dikirim ke satumaluku.id, Senin (1/3/2021).

Negeri Rutong saat ini tengah mengembangkan sitem digitalisasi dalam pengelolaan pemerintahan. Salah satu langkah yang dibuat adalah dengan menggunakan platform Rutong.id. Karena itu, tak hanya kalangan pemerintahan negeri, masyarakat dan kaum generasi muda juga didorong untuk beradaptasi dengan dunia digital.

Seperti diketahui, Sekretaris Jenderal Kementerian Desa Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi (Sekjen Kemendes PDTT) Taufik Madjid baru saja mencanangkan Negeri Rutong sebagai Smart Village pertama di Provinsi Maluku. Pencanangan ditandai soft launching platform digital Rutong.id secara virtual di ruang vlisingen balai Kota Ambon. (Baca: Negeri Rutong Jadi Smart Village Pertama di Provinsi Maluku).

Reza Maspaitella menyatakan, inisiasi pengembangan smart village Negeri Rutong adalah untuk menjawab tantangan dalam tata kelola pemerintahan, pengembangan SDM sebagai titik sentral pembangunan, komunikasi publik yang efektif dan terbuka, pemberdayaan masyarakat, serta pengembangan sektor ekonomi.

“Sudah waktunya masyarakat negeri ini untuk melakukan suatu lompatan digital agar tetap dapat bersaing, baik secara nasional dan global. Dengan langkah awal negeri ini membuat platform digital Rutong.id,” ujarnya.

Dijelaskan, lewat platform digital ini, Negeri Rutong tetap akan mengutamakan adat budaya untuk memajukan perekonomian masyarakat negeri yang berbasis teknologi digital. Olehnya itu dirinya mengajak di negeri-negeri di wilayah Leitisel, untuk melaksanakan kerjasama pembangunan kawasan, guna Percepatan Pembangunan baik di sektor eco-agro forestry, Pariwisata dan Perikanan.

Penulis: m-15
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!