Sekilas Info

Batutua Kharisma Raya dan Batutua Tembaga Raya Bantu Penampung Solar Baru untuk Genset di Lurang MBD

Foto: Daniel Leonard/ant Bantuan tangki penampungan solar yang baru berkapasitas 2.500 liter untuk mendukung pengoperasian mesin pembangkit listrik dalam melayani kebutuhan listrik warga Desa Lurang secara gratis.

satumalukuID - Humas PT. Batutua Kharisma Permai dan PT. Batutua Tembaga Raya, Dino Musida mengatakan, perusahaannya memberikan bantuan tangki penampungan solar yang baru untuk operasional mesin genset bagi masyarakat di Desa Lurang, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Maluku.

"Tangki penampungan solar ini berkapasitas 2.500 liter untuk menggantikan tangki lama yang hanya bisa menampung 1.300 liter solar agar lebih maksimal dalam mengoperasikan mesin pembangkit listrik untuk warga desa," kata Dino yang dihubungi dari Ambon, Senin.

Menurut dia, biasanya warga setempat melihat fuel truck milik BKP-BTR datang secara rutin untuk mengisi solar ke mesin pembangkit listrik itu.

"Tetapi pada Senin, (1/2) 2021 kemarin, datang serombongan pekerja dari anak perushaaan Merdeka Copper Gold itu dan satu truk yang membawa benda serupa peti besi yang sebenarnya adalah tanki solar yang ukurannya lebih besar dan merupakan bantuan penuh dari BKP-BTR," ujarnya.

Ketika masih menggunakan tangki lama ini, fuel truck datang setiap dua hari atau tiga hari, sedangkan dengan tangki baru diharapkan pengisian solar tidak sesering itu.

"BKP-BTR setiap bulannya mengirim 15.000 liter ke genset tersebut," ucap Dino.

Mesin genset yang menyedikaan listrik gratis bagi rumah dan fasilitas umum di sana memiliki daya 135 KVA dan genset ini pun terbilang baru dan menggantikan yang lama yang memiliki daya 35 KVA.

Latar belakang kenaikan jumlah solar yang diberikan maupun penggantian genset tersebut karena semakin tingginya kebutuhan listrik pada masyarakat.

Dikatakan, BKP-BTR juga menyediakan genset sekaligus solarnya bagi Desa Uhak dan Kampung Baru dimana genset di Desa Uhak memiliki daya 35 KVA dengan pengisian solar sebanyak 3.600 liter per bulan dari sebelumnya 3.100 liter per bulan dan proses pengisian solar di sana biasa menggunakan angkutan jolor.

Sementara genset di Kampung Baru merupakan bantuan PNPM yang dianggarkan oleh Kecamatan Wetar Utara dengan kapasitas 15 KVA.

"Jadi partisipasi BKP-BTR untuk genset di Kampung Baru berupa solar sebanyak 600 liter per bulan, dan sedang direncanakan penambahan menjadi 1.200 liter per bulan," akui Dino.

Bantuan mesin genset untuk pembangkit listrik dan solar kepada warga desa setempat sudah dilakukan sejak hadirnya perusahaan tambang tersebut di Pulau Wetar sejak beberapa tahun lalu.

Pelayanan listrik dari perusahaan ini diberikan kepada lebih dari 300 rumah warga Desa Lurang tetapi yang menikmati listrik 200 rumah, jadi yang diberikan adalah mesin genset dan solar secara gratis termasuk pemeliharaan mesinnya.

Pewarta : Daniel Leonard

Baca Juga

error: Content is protected !!