Axl Hunila, Dari Penyanyi Caffe di Ambon, Ikut TNBGB Global TV, Hingga Masuk Deretan Musisi pada Akun IG Billboard Indonesia

Share:

Cuaca cerah dan alunan musik instrumental pada salah satu kedai kopi di kawasan Kemang, Jakarta, Sabtu (13/02/2021), menemani satumaluku.id ngobrol dengan Axl Junior Hunila. Salah satu anak muda Ambon yang saat ini sementara meniti karir di Ibu Kota Jakarta.

Memiliki suara merdu dan sendu, ia langsung mendapat kesempatan untuk terdaftar di dalam deretan musisi, yang berada pada akun Instagram Billboard Indonesia. Dia membawakan lagu yang ditulisnya, seketika menyita perhatian pecinta musik Indonesia. Pemilik lagu “Sengaja Yang Salah” itu mulai merambah produktifitas di dalam Industri Musik Tanah Air.

Masih teringat pada tahun 2017, satumaluku.id berkenalan dengan Axl. Sosoknya simpel. Dia senang bernyanyi ketika kami sedang duduk mengobrol di pinggir jalan Kota Ambon. Lelaki sederhana dan luwes, kelahiran Ambon, 21 Juni 1999 ini, memang memiliki suara yang merdu, sebagaimana ciri khas kebanyakan orang Ambon.

Kepada satumaluku.id, Axl menuturkan berbekal suaranya itu, pada tahun 2018 dia mencoba mengikuti salah satu ajang pencarian bakat, yakni The Next Boy/Girl Band (TNBGB) di Global TV. Dia berhasil maju sampai di tahap Episode 4, dan menjadi salah satu peserta favorit penyanyi dan aktris Denada, yang adalah salah satu juri pada ajang tersebut.

Setelah mengikuti ajang pencarian bakat ini, Axl sempat pulang ke Ambon pada tahun 2019, dan menjadi penyanyi caffe pada beberapa caffe di kota ini. Namun pada awal tahun 2020, dia merasa jika hanya berkarier di Ambon, nampaknya akan sulit untuk maju, terutama karena tingginya persaingan di Kota Ambon, yang ditetapkan badan dunia UNESCO sebagai Kota Kreatif Berbasis Musik, atau Ambon UNSECO City of Music itu.

“Dari dulu saya tidak pernah memiliki ekspetasi tinggi untuk mengikuti ajang perncarian bakat. Tapi ini menjadi salah satu batu loncatan, untuk mengembangkan bakat yang saya miliki, dan cara agar dapat dilihat orang lebih luas lagi yakni berangkat ke Jakarta,” tutur Axl.

Apa pun itu yang harus dilalui, Axl memotivasi dirinya sendiri untuk mencoba peruntungan di Jakarta. Dan untuk ajang TNBGB di Global TV itu, tanpa sepengetahuan dirinya, Axl ternyata memenuhi kriteria untuk tergabung di dalam suatu boyband.

Capaian itu dianggap Axl mustahil. Karena dari keseluruhan penampilannya, seperti bukan kriteria yang dicari. Namun Axl tetap ikut dan mencoba meyakinkan dirinya bahwa dia bisa. “Hal ini menjadi suatu kebanggan tersendiri untuk saya, dapat lolos dan tampil di televisi nasional,” ungkapnya.

Axl mengaku, ajang tersebut membuat dia yakin punya kemampuan, dan harus terus dikembangkan dengan cara ke Jakarta untuk bermusik dan berkarya sampai berhasil, sebelum kembali ke Ambon. Itu merupakan impiannya yang menjadi motivasi untuk terus berjuang di Jakarta.

Menurut Axl sebelum pandemi dia bisa full dalam seminggu manggung di tiap caffe yang berbeda. Dan meskipun saat ini masih dalam kondisi pandemi covid-19, dia masih mendapat job menjadi wedding singer.  “Menurut saya, jika kita percaya dan yakin, maka kita bisa berkarya di mana saja, termasuk di tanah orang,” ujarnya.

SENGAJA YANG SALAH

Akun instagram resmi milik Billboard Indonesia, pada Sabtu (30/1/2021) lalu memposting foto Axl disertai narasi:

Setelah Tanah Air dikagetkan dengan kepergian Sang maestro sekaligus penyanyi legendaris @glennfredly309 pada 8 April 2020 kemarin, seketika hadir @axlhunila90, salah satu penyanyi berdarah Ambon yang siap bersaing di Industri Musik Indonesia.

Pada hari ini, 30 Januari @axlhunila90 merilis single perdananya, yang berjudul “Sengaja yang Salah” di seluruh digital music platform. Bagaimana menurut kalian?

Postingan yang sampai Senin (15/2/2021) ini sudah disukai 1.174 orang dan dikomentari 13 pengunjung ini, memang tidak bermaksud menyamakan Axl dengan almarhum Glenn Fredly. Namun sengaja memberi tahu, bahwa ada anak muda yang mengidolakan Glenn dan juga berasal dari kampung yang sama, siap bersaing di industri musik tanah air.   

“Banyak yang menjadi panutan saya dalam bermusik, salah satunya Glenn Fredly. Bukan hanya karena karya-karya beliau, namun termasuk jiwa sosial dan kepeduliannya pada alam. Dan saya selalu berfikir, sosok Glenn Fredly adalah the one and only. Tidak ada Glenn Fredly kedua. Tapi perjuangan beliau masih bisa kita lanjutkan. Dan nanti akan ada satu karya saya judulnya ‘Selesai Bukan Berakhir’, yang saya dedikasikan untuk beliau,” ungkap Axl.

Axl mengaku pada tanggal 30 Januari 2021 lalu, dia mengeluarkan single perdana berjudul “Sengaja Yang Salah” di seluruh platform digital. Selanjutnya pada Kamis (11/2/2021) lalu, dia baru saja merilis Official Music Video di channel Youtube miliknya, yang sampai hari ini sudah mencatatkan 2.513 tayangan.

Proses pembuatan lagu ini, kata dia, memakan waktu sekitar empat bulan. Namun yang tidak disangka-sanka oleh Axl, sampai pada lahirnya lagu ini, dia mampu bertahan selama dua tahun di Jakarta, dengan hasil tabungan dari nyanyi di caffe-caffe dengan lagu tersebut.

Dia menuturkan, lagu ini bercerita tentang pengalaman pribadi. Sebuah rasa penyesalan yang dia rasakan ketika orang yang tulus hatinya untuknya, dia korbankan demi orang yang disukainya. Walau pun dia tahu orang yang dipilihnya itu, tidak sebaliknya memeliki perasaan padanya.

“Yang terlibat dalam proses pembuatan single ini memang tidak terlalu banyak. Ada Sandio Sinungan sebagai executive produser, Michael Aponno sebagai Producer, Axl Giovano yang mengaransemen musiknya, dan setelah final saya memberikan kepercayaan kepada Baines Tirtasole sebagai mixing dan mastering. Meskipun tidak banyak yang hadir di dalam proses ini tapi Puji Tuhan dapat selesai juga,” paparnya.

Axl katakan, dia punya satu keinginan, jika saat ini dia masih berkarya di atas panggung orang lain, di tahun 2022 dia sudah harus bernyanyi di atas panggung sendiri. Sebab dia ingin buktikan bahwa orang dari Ambon yang berjuang di Jakarta, tidak hanya sebagai debt collector.

“Saya ingin tunjukan untuk teman-teman di Ambon, bahwa tidak usah takut berkarya di tanah orang, jika saya bisa mendapatkan akses maka yang lain juga bisa,” pesannya.

Share:
Komentar

Berita Terkini