Sekilas Info

Operasi Yustisi di Kota Ambon Pakai Thermal Scanner Deteksi Covid-19

satumalukuID- Satgas Covid-19 Kota Ambon akan menggunakan Thermal Scanner dalam Operasi Yustisi. Alat ini diakui bisa mendeteksi seseorang dengan gelaja Covid-19 melalui suhu badan.

Alat baru pendeteksi suhu badan yang mengarah pada kemungkinan penularan Covid-19 itu rencananya akan mulai digunakan dalam operasi Yustisi Jumat (26/2/2021).

Kepala Bidang Penyelenggaraan e-Government Dinas Informasi dan Informasi Sandi Kota Ambon, Sulian Sedubun, menyebutkan secara umum Thermal Scanner digunakan saat memasuki ruangan perkantoran maupun sekolah.

"Itu merupakan salah satu langkah yang akurat dalam menentukan apakah seseorang terindikasi gejala Covid ataukah tidak," kata Sulian di Ambon, Kamis (25/2/2021).

Kebijakan yang diambil Pemerintah Kota Ambon ini merupakan salah satu langkah antisipatif dalam memperkecil penyebaran Covid-19.

"Jika seseorang terlacak berada pada ambang batas suhu badan, maka kita bisa mengambil tindakan lanjutan terhadap orang tersebut," terangnya.

Menyoal terkait kondisi suhu badan seseorang yang bisa dipengaruhi kondisi cuaca seperti terik matahari, Sulian mengaku dapat diantisipasi dengan menggunakan tools dalam sistem alat tersebut.

"Bisa melacak dengan baik suhu badan seseorang berasal dari internal ataukah faktor eksternal seperti matahari ataupun lokasi-lokasi panas lainnya. Kalaupun internal, kita akan menscan ulang, beberapa saat setelah meminta orang tersebut untuk berteduh," ungkapnya.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!