Sekilas Info

Harga Cengkih di Kota Ambon Bergerak Naik

Foto: John Soplanit Komoditi cengkih dan biji pala bundar di salah satu gudang transaksi hasil perkebunan di Kota Ambon.

satumalukuID - Harga berbagai komoditi perkebunan Maluku seperti biji pala bundar, fuli (pembungkus biji pala), coklat, dan kopra yang ditawarkan para pengumpul di Kota Ambon hingga kini masih terus bertahan, kecuali cengkih yang sedikit bergerak naik.

hasil pemantauan di lokasi transaksi hasil perkebunan di jalan Setia Budi , kawasan Rijoli, Kelurahan Batu gajah, Kota Ambon, Jumat,  para pengumpul menawarkan harga cengkih Rp67.000/Kg, atau naik dari sebelumnya Rp65.000.

Evi, pengumpul, mengatakan sejak awal Februari 2021 sudah terjadi perubahan harga naik mulai dari Rp62.000, kemudian naik lagi menjadi Rp64.000, dan naik lagi menjadi Rp65.000 pada minggu yang lalu dan kini nak lagi menjadi Rp67.000/Kg.

Dia mengatakan, penetapan harga komoditi di Kota Ambon ini selalu mengikuti perkembangan harga di asar utama Surabaya, Jawa Timur. Perkembangan harga naik atau turun di pasar utama it pasti  berpengaruh di Kota Ambon.

Hal ini disebabkan karena hasil pembelian di Kota Ambon  pada umumnya dijual lagi ke Surabaya  sebagai pasar tama  sekaligus pelabuhan ekspor.

Selain itu, komoditi lainnya yakni biji pala  bundar masih tetap bertahan yakni Rp78.000/Kg, fuli Rp240.000/Kg, kalau fuli ini harganya sedikit bergerak turun dari awalnya Rp250.000/Kg.

Sedangkan untuk harga coklat hingga kini masih bertahan yakni Rp26.000/Kg, dan kopra Rp10.000/Kg.

"Kalau kopra sejak Januari 2021 hingga kini harganya masih tetap bertahan Rp10.000/Kg, dan cukup membawa angin segar bagi para petani di daerah ini, dan itu terlihat ada saja petani yang datang menjual," katanya.

Penulis: Jimmy Ayal/Ant
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!