Sekilas Info

Ambon Ditetapkan Sebagai Satu Dari Sepuluh Kota Toleran di Indonesia

satumalukuID- SETARA Institute yang bekerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, menetapkan sepuluh Kota Toleran di Indonesia. Satu di antaranya yaitu Kota Ambon.

Sebagai kota toleran karena sikap saling menghargai dari setiap orang inilah, Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy, kemudian diberikan penghargaan Indeks Kota Toleran (IKT).

"Penghargaan kita berikan kepada sepuluh (10) Wali Kota yang dinilai berhasil dalam memimpin wilayahnya maupun dalam hal kebijakan," kata Irjen Kemendagri, Tumpang Haposan Simanjuntak di Ambon, Kamis (25/2/2021).

Selain Richard Louhenapessy yang menerima penghargaan IKT, juga terdapat Wali Kota Salatiga, Bekasi, Sukabumi, Kediri, Surabaya, Kupang, Tomohon, Manado dan Singkawang.

"Dalam kacamata good governance, ke sepuluh Wali Kota ini tidak ada catatan khusus. Ini luar biasa," salut Tumpang.

Menurutnya, apresiasi dalam bentuk penghargaan ini diberikan karena 10 Wali Kota tersebut berhasil menjaga toleransi di kota yang di pimpin.

Tumpang menyebutkan penghargaan dari SETARA sebagai lembaga independen, yang diberikan melalui pendekatan ilmiah, survey kepuasan dan sejumlah indikator lainnya.

Hasilnya, sepuluh pimpinan daerah yang mendapat penghargaan tersebut dinilai teruji dan terbukti sangat baik dalam mengambil sebuah kebijakan.

"Untuk itu saya ucapkan selamat kepada kota yang menerima Award sebagai kota paling toleran di Indonesia," katanya.

Ia berharap, keberhasilan sepuluh Wali Kota di Indonesia dalam menjaga toleransi di daerah, bisa menjadi contoh dalam mendukung konsep toleransi dalam tatanan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!