Sekilas Info

Aktivitas Sesar Lokal Picu Gempa Berkekuatan 5,2 SR Guncang Halmahera Selatan

satumalukuID/Istimewa

satumalukuID- Gempabumi tektonik dengan kekuatan 5,2 Skala Richter, mengguncang Halmahera Selatan, Maluku Utara, Jumat (26/2/2021) pukul 20.02 WIT.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Ambon melalui rilisnya menyebutkan gempa dangkal yang terjadi di darat ini, karena adanya aktivitas sesar lokal. Gempa itu tidak berpotensi tsunami.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi tersebut memiliki parameter update dengan magnitudo Mw=5,0.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 0,55 LS dan 127,56 BT, atau tepatnya berlokasi di darat dengan jarak 12 km arah Utara Kota Labuha, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara. Titik gempa berada pada kedalaman 10 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan sesar turun (normal fault)," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno yang disiarkan BMKG Ambon.

Guncangan gempa dirasakan di daerah Labuha dengan skala IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," terangnya.

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Warga juga diminta menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah," pintanya.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang dihimpun satumaluku.id, terdapat sejumlah rumah warga yang mengalami kerusakan akibat gempa tersebut. Warga juga terlihat dari video yang beredar tampak panik dan berhamburan keluar rumah.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!