Sekilas Info

Mayjen Jeffry Rahawarin, Putra Maluku Ketiga Jadi Pangdam Pattimura; Sempat Ikut Tinju dan Kuliah di Unpatti

JALAN hidup siapa yang tahu. Manusia boleh merancang. Namun Tuhan jualah yang berkehendak. Itulah kalimat yang pas untuk figur Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Jeffry Apoly Rahawarin, yang sebentar lagi akan menjabat Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XVI Pattimura.

Putra Maluku kelahiran Ambon 21 Januari 1964 ini, ditunjuk sebagai Pangdam Pattimura sesuai Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/145/II/2021 tanggal 23 Februari 2021. Mayjen Jeffry sebelumnya jabat Staf Ahli Bidang SDM dan Teknologi Kemenko Polhukam. Ia menggantikan Mayjen TNI Agus Rohman yang dipromosi sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III.

"Iya benar. Skep nya sudah keluar kemarin (Selasa, red). Serahterima nantinya di Mabes," ungkap Mayjen Jeffry kepada satumaluku.id via telepon selulernya, Rabu (24/2/2021).

Informasi yang sama sebelumnya juga disampaikan oleh Kapendam Pattimura, Kolonel Art Stefi Nuhujanan yang saat ini sedang mengikuti pendidikan SESKOAD di Bandung via whatsapp nya.

Dengan penunjukkan Mayjen Jeffry tersebut, maka sejak Kodam Pattimura berdiri yang masih bernama Kodam Maluku dan Irian Barat (MIB) pada tahun 1957, sampai kini sudah tercatat tiga putra Maluku yang menjabat Pangdam dari total sekitar 29 orang yang pernah memimpin Kodam tersebut.

Ketiga putra Maluku itu yakni Pangdam Pattimura pertama Kolonel Inf Herman Pieters (1957-1961), kemudian Brigjen TNI Max M. Tamaela (1999-2000) dan kini ketiga adalah Mayjen TNI Jeffry A. Rahawarin.

Selanjutnya 1 2 3

Baca Juga

error: Content is protected !!