Sekilas Info

Pemkot dan Lima Desa di Ambon Terima Penghargaan Penyaluran DD Tercepat Tahun 2021 Dari KPPN

satumalukuID/Istimewa Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Maluku, Noor Faisal Achmad (kanan) tampak menyerahkan penghargaan Penyaluran DD Tercepat Tahun 2021 kepada Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy (kiri). Penyerahan berlangsung di Pelataran Balai Kota Ambon, Senin (22/2/2021).

satumalukuID- Pemerintah Kota Ambon bersama lima Desa-nya menerima penghargaan Penyaluran Dana Desa (DD) Tercepat Tahun 2021 di Maluku dari Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Maluku.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Maluku, Noor Faisal Achmad kepada Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy. Penyerahan berlangsung di Pelataran Balai Kota Ambon, Senin (22/2/2021).

Lima desa di Kota Ambon yang sukses menerima penghargaan penyaluran DD tercepat tersebut adalah Ema, Galala, Hative Kecil, Hunuth dan Poka.

"Kami memberikan penghargaan penyaluran dana desa tercepat tahun 2021 provinsi Maluku kepada Pemerintah Kota Ambon dan lima desa di Kota Ambon. Di antaranya, desa Ema, Galala Hative Kecil, Hunuth dan desa Poka," kata Faisal.

Pada 9 Februari 2021 lalu, kata Faisal, Pemerintah Pusat melalui Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Ambon, menyalurkan DD tahap pertama sebesar Rp.1.207 miliar untuk lima desa itu. Esok harinya, juga disalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari DD tersebut sebesar Rp.216,9 juta.

"Jadi penyaluran Dana Desa tersebut menjadi tercepat di Provinsi Maluku, tahun 2021," katanya.

Penyaluran DD Tahun 2021 tersebut, lanjut Faisal, merupakan awal dari serangkaian proses yang panjang. Ia mengakui Pemkot Ambon sudah melakukan awal yang baik, "dan ini perlu dilanjutkan pada penyaluran DD tahap satu untuk desa-desa lainnya, serta penyaluran DD untuk tahap-tahap berikutnya," jelasnya.

Terkait penghargaan tersebut, Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, memberikan apresiasi kepada Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Maluku.

"Kita mendapatkan apresiasi dari kanwil sebagai kota tercepat dalam rangka pemanfaatan dana desa. 4 tahun lalu kota ini sebagai kota tidak bisa menyerap dana desa, kali ini seluruh aparatur sudah menunjukan kinerja yang luar biasa," pungkasnya.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!