Sekilas Info

Panggung Utama MTQ XXIX di Saumlaki Sudah 75% Rampung, Pemkab Tanimbar Anggarkan 25 Miliar Rupiah

Foto; ANTARA/Simon Lolonlun Fasilitas penunjang MTQ Maluku 2021 yang sedang dibangun di Saumlaki, Kepulauan Tanimbar.

satumalukuID - Bupati Kepulauan Tanimbar Petrus Fatlolon terus meningkatkan pembangunan fasilitas penunjang pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat provinsi Maluku ke XXIX tahun 2021, yang akan digelar di Saumlaki.

Sejumlah infrastruktur yang sedang dibangun dan yang akan disiapkan untuk menjadi tempat pelaksanaan kegiatan adalah panggung dan podium VIP di lapangan Mandriak, sejumlah fasilitas akomodasi, pariwisata dan tempat-tempat pelaksanaan tiap mata lomba.

"Panggung utama itu sudah 75 persen selesai dan VIP Podium sudah 40 persen. Ditargetkan bulan Mei itu sudah 100 persen selesai. Saat ini dinas pertanian sementara siapkan rumput untuk lapangan" kata bupati di Saumlaki, Sabtu (20/2/2021).

Selain itu, pemerintah daerah Kepulauan Tanimbar telah menganggarkan Rp26 milyar untuk pelaksanaan kegiatan, dan akan ada lagi kucuran anggaran dari Pemprov Maluku.

Panitia akan menyiapkan sejumlah hotel, mes serta beberapa rumah dinas Pemda untuk akomodasi peserta MTQ yang ditargetkan mencapai 1.000 orang itu.

"Bila MTQ sebelumnya itu hanya ada delapan mata lomba, kali ini ada sembilan mata lomba. Untuk itu kita sudah siapkan sembilan lokasi, yaitu di Natar Kaumpu, gedung kesenian, BPU, Hotel Galaksi, Pendopo bupati dan lain-lain. Untuk angkutan darat, kami akan pinjam dari pemerintah provinsi. Sekitar 11 bus," katanya.

Ditanya soal kesiapan lain, Bupati menyatakan pemerintah daerah juga sedang menata tiga destinasi wisata untuk akan dikunjungi oleh para peserta, yakni Pantai Weluan, Danau Lorulun dan Pantai Pulau Matakus.

Sesuai pembicaraan dengan Gubernur Maluku, Pemprov Maluku akan membantu penyelesaian pembangunan Masjid A'Anur Saumlaki.

Bupati menambahkan, sebagai tuan rumah penyelenggara, pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar memiliki empat target.

"Target kita adalah sukses perencanaan, sukses pelaksanaan, sukses partisipasi masyarakat dan sukses meraih juara umum," katanya.

"Untuk itu, pemerintah daerah akan memaksimalkan pelatihan bagi kontingen dengan menghadirkan para pelatih dari Ambon dan sejumlah daerah di tanah air yang dikoordinir oleh LPTQ kabupaten," ujarnya.*

Baca Juga

error: Content is protected !!