Sekilas Info

SIDANG SINODE GPM KE-38

MPH Sinode Gereja Protestan Maluku Periode 2020-2025 Sah Terbentuk, Inilah Komposisi Selengkapnya

Foto: Coutesy Youtube Sinode GPM

satumalukuID - Sidang Sinode Gereja Protestan Maluku (GPM) ke-38 yang dilaksanakan sejak 7 Februari hingga berakhir pada 18 Februari 2021 di Gereja Maranatha Ambon, akhirnya berhasil memilih Majelis Pekerja Harian (MPH) periode 2020-2025.

Terpilih sebagai Ketua Sinode GPM adalah Pdt Elifas T. Maspaitella MSi yang berhasil meraih suara terbanyak sejak putaran pertama maupun kedua. Maspaitella adalah Sekretaris Umum (Sekum) periode 2015-2020.

Sedangkan posisi Sekum Sinode GPM untuk periode lima tahun ke depan, dijabat oleh Pdt S.I. Sapulette STh setelah mempetoleh suara terbanyak dalam pemilihan yaitu 177 suara. Sapulette sebelumnya adalah Ketua Klasis Ambon Timur.

Komposisi BPH Sinode GPM kali ini terlihat kombinasi senior yunior, namun lebih didominasi kalangan muda atau dibawah 50 tahun. Meskipun persyaratan sesuai kriteria menetapkan usia dari 40 sampai 58 tahun.

Hal itu terwakili oleh posisi Ketua, Sekum, dan Wakil Sekum Pdt Rudy Rahabeat STh yang pernah menjabat Sekretaris Klasis Ternate, Maluku Utara.

Setelah pemilihan komposisi, SS GPM dilanjutkan dengan penetapan anggota dan majelis pertimbangan MPH. Figur-figur tersebut ditetapkan dari unsur pendeta, akademisi maupun jemaat.

Untuk posisi Ketua Majelis Pertimbangan MPH ditetapkan Pdt A.J.S. Werinussa STh yang sebelumnya menjabat Ketua Sinode. Wakil Ketua adalah Prof Dr Tonny Pariela (Dekan FISIP Unpatti) dan Sekretaris dijabat Pdt Ny Dien Rumerung/Siaila STh.

Ada juga nama Franky Papilaya (mantan Penjabat Walikota Ambon), Prof Dr M.J. Saptenno (Rektor Unpatti), Pdt Dr G.J. Damamain (Rektor UKIM) dan lainnya.

Komposisi MPH Sinode GPM Periode 2020-2025 sebagai berikut :

Ketua : Pdt. Elifas Tomix Maspaitella
Wakil Ketua I : Pdt. Ny. L. Bakarbessy-Rangkoratat
Wakil Ketua II : Pdt. I.H. Hetharie
Sekretaris Umum : Pdt. S.I. Sapulette
Wakil Sekretaris Umum : Pdt. R. Rahabeat.

ANGGOTA :
Pdt. Y. Colling
Pdt. N. Souisa
Pnt. Ny. B. Sahertian-Latuminase
Pnt. F. Papilaya

MAJELIS PERTIMBANGAN :
Pdt. A.J.S. Werinussa (Ketua)
Prof. T. D. Pariela (Wakil Ketua)
Pnt. Ny. Dien Rumerung-Siaila (Sekretaris)
Pdt. Dr. G.J. Damamain
Pdt. Dr. H.H. Hetharia
Prof. M.J. Saptenno
Dr. R. Lailossa.

(novi pinontoan)

Baca Juga

error: Content is protected !!