Sekilas Info

Setiap 17 dari 100 Orang di Provinsi Maluku adalah Penduduk Miskin, Maluku Utara Hanya 6 dari 100 Orang

Kolase Foto Kantor Gubernur Provinsi Maluku (kiri) dan Kantor Gubernur Provinsi Maluku Utara (kanan).

satumalukuID – Perbandingan jumlah penduduk miskin di Provinsi Maluku dengan Provinsi Maluku Utara cukup jomplang. Setidaknya, 17 dari 100 orang di Maluku tergolong sebagai penduduk miskin, sedangkan di Provinsi Maluku Utara hanya 6 dari 100 orang yang dikategorikan miskin.

Kepastian perbandingan tersebut diketahui setelah Badan Pusat Statistik (BPS)  merilis angka penduduk miskin di  kedua provinsi ini.

Adapun rilis BPS menyebutkan sebanyak 17,9% penduduk Maluku berada dalam kategori miskin dengan toal jumlah penduduk berdasarkan hasil sensu penduduk (SP) Tahun 2020 mencapai 1,8 juta jiwa. Sedangkan persentase penduduk miskin di Provinsi Maluku Utara berkisar 6,8 persen  dengan total jumlah penduduk hasil SP 2020 sebanyak 1,2 juta jiwa.

Baca Juga:

Sebagaimana diketahui Provinsi Maluku Utara merupakan provinsi baru hasil pemekaran dari Provinsi Malukupada tahun 1999 lalu. Jumlah daerah kabupaten/kota di Maluku Utara sebanyak 10 daerah. Sedangkan Kabupaten Maluku mencapai 11 daerah kabupaten/kota.

Data BPS yang merilis hasil SP 2020 juga menyebut jumlah pertambahan orang miskin di Maluku sudah mencapai angka 322.400 jiwa. Sedangkan jumlah penduduk miskin di Maluku Utara masih berjumlah 87.520 jiwa.

Saat ini, Provinsi Maluku masih tetap berada di peringkat ke-4 Provinsi Termiskin di Indonesia.

Penulis: m-15
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!