Sekilas Info

SIDANG SINODE GPM KE-38

Pendeta Elifas Maspaitella Unggul Dua Putaran, Sah Jadi Ketua Sinode GPM 2020-2025

satumalukuID/Istimewa Elifas Maspaitella

satumalukuID- Hari terakhir Sidang Sinode (SS) Gereja Protestan Maluku (GPM) dengan agenda tunggal yaitu pemilihan Ketua dan Majelis Pekerja Harian (MPH) berlangsung lancar di gedung Gereja Maranatha, Kamis (18/2/2021).

Dari total 400-an peserta persidangan, hanya 280 Peserta Biasa yang punya hak memilih, yang terdiri dari unsur: MPH Sinode 8 orang, Ketua Klasis 34 orang dan Utusan Klasis 238 orang.

Pada saat pemilihan dari hak suara 280. Ternyata yang hadir hanya sebanyak 272 orang. Sedangkan 2 orang lainnya yang sedang isolasi karena terpapar Covid-19, mengirimkan hasil pilihannya via whatsapp. Sehingga total yang memilih adalah 274 orang pada putaran pertama.

Pada dua putaran pemilihan tersebut, Pdt Elifas T. Maspaitella MTh yang menjabat Sekretatis Umum (Sekum) MPH Sinode GPM periode 2015-2020 akhirnya meraih suara terbanyak.

Hasil saat putaran pertama. Pdt Elifas memperoleh 162 suara, Pdt Izack Sapulete 62 suara, Pdt Sonny Hetharia 35 suara, Pdt Ferry Nahusona 17 suara, Pdt J. Lourens 3 suara, Pdt Nick Sedubun 1 suara, Pdt Cak Tamaela 1 suara serta tiga suara lainnya tidak sah atau abstain.

Atas hasil tersebut, sesuai mekanisme dan kriteria bakal calon harus memperoleh minimal 42 suara untuk menjadi calon ketua, maka hanya Pdt Elifas Maspaitella dan Pdt Izack Sapulete yang berhak maju ke putaran kedua.

Saat masuk pemilihan tahap kedua, baik Elifas Maspaitella maupun Izack Sapulete menyampaikan kesediaannya dan menandatangani pernyataan.

Hasil pemilihan putaran kedua pun dimenangkan oleh Pdt Elifas Maspaitella yang meraih 202 suara, sedangkan Pdt Izack Sapulete memperoleh 69 suara. Tiga suara lainnya dinyatakan tidak sah atau rusak.

"Di gereja ini saya belajari dari seluruh jemaat dan para senior, serta akan bekerjasama secara kolektif kolegial baik secara internal dan eksternal dengan berbagai pihak lainnya. Saya bersedia dan berjanji melayani gereja ini dengan sepenuh hati dan atas kehendak Tuhan Allah," ungkap Pdt Elifas saat menyampaikan sikapnya.

Selain itu, tentang kesetiaannya pada Pancasila dan UUD 1945 ketika ditanyakan di hadapan peserta persidangan, ia menyatakan, "Saya adalah anak tentara (TNI). Jadi saya setia pada Pancasila dan UUD sejak dalam kandungan," bebernya.

Usai pemilihan ketua sinode, persidangan masih berlanjut pada tahap pemilihan wakil ketua, sekretaris umum dan MPH Sinode GPM lainnya.

Namun sampai berita ini diturunkan, pimpinan sidang dan para peserta sedang rehat untuk makan siang. Sesudah itu baru dilanjutkan. (novi pinontoan)

Baca Juga

error: Content is protected !!