Sekilas Info

SIDANG SINODE GPM KE-38

Ketua Sinode GPM Terpilih Ditentukan Kamis Ini, Semua Jemaat Bisa Live Streaming di Youtube

satumalukuID – Siapa Ketua Sinode Gereja Protestan Maluku yang akan terpilih dari Sidang Sinode (SS)ke-38? Jawabannya akan diketahui Kamis (18/2/2021) hari ini.

Tak hanya peserta sidang berjumlah ratusa orang itu yang akan menjadi saksi sejarah, namun masyarakat Kristiani lain di Maluku juga bisa menyaksikan secara langsung prosesi tersebut. Pasalnya, panitia pelaksana akan menyiarkan event tersebut secara streaming lewat Youtube.

Mulai pukul 09.00 WIT, akun Youtube Sinode GPM akan menggelar streaming pemilihan MPH Sinode GPM tahun 2020 – 2025.

Live streaming pelaksanaan Sidang Sinode GPM ke-38, bukan baru saja dilaksanakan di penghujung event. Menurut Ketua Panitia Pelaksana Sidang Toni Pariela, setiap hari selama proses siding, selalu disertai streaming lewat media sosial sehingga siapapun bisa melihat secara langsung.

Hal ini dilakukan sejalan dengan kebijakan menerapkan protocol Kesehatan Covid-19 secara ketat.

Untuk diketahui, dari total 400 an peserta persidangan, hanya 280 Peserta Biasa yang punya hak memilih, yang terdiri dari unsur: MPH Sinode 8 orang, Ketua Klasis 34 orang dan Utusan Klasis 238 orang.

Sementara itu, selain nama-nama kandidat ketua umum yang sudah beredar, kini mulai muncul figur-figur untuk posisi Sekretaris Umum (Sekum) diantaranya juga ada sosok perempuan yang mewarnai SS kali ini.

Mereka yang muncul untuk posisi Sekum  diantaranya Pdt Rudy Rahabeat STh, Pdt Ny Dana Lohy/Norimarna STh  dan Pdt Dr Monike Hukubun STh.

Pdt Monike Hukubun digandeng maju oleh kandidat ketua Pdt Dr Ferry  Nahusona STh. Sedangkan Pdt Dana Lohy/Norimarna sebelumnya muncul bersama calon ketua Pdt Nicky Rutumalesy STh.

Sementara itu, nama-nama kandidat ketua Sinode GPM lima tahun ke depan minus dua figur senior Pdt John Ruhulesin dan Pdt Ates Werinusa sampai pleno kriteria masih berkisar diantara beberapa nama.

Yaitu Pdt Elifas Maspaitella STh (Sekum Sinode GPM), Pdt Izack Sapulete STh (Ketua Klasis Ambon Timur), Pdt Dr Ferry Nahusona STh (Balitbang GPM), Pdt S. Hetharia STh (Dekan Fak Theologia UKIM), Pdt R. Rikumahu STh (Ketua Klasis Pulau Ambon) dan juga muncul nama Pdt Nicky Rutumalesy STh (Ketua Klasis Kota Ambon).

Baca Juga

error: Content is protected !!