Sekilas Info

SIDANG SINODE GPM

Pleno Kriteria dan Pemilihan Sidang Sinode GPM Alot, Rahabeat dan Figur Perempuan Bersedia Jadi Sekum

FOTO: satumalukuID/Petra Josua Gereja Maranatha Ambon

satumalukuID - Hari ini, Rabu 17 Februari 2021, Sidang Sinode Gereja Protestan Maluku (SS GPM) ke-38 memasuki hari terakhir sesuai jadwal setelah molor dari rencana 14 Februari 2021.

Agenda terkini adalah pleno komisi kriteria dan pemilihan ketua umum (Ketum), majelis pekerja harian (MPH) dan rencana penutupan persidangan bila dinamika berjalan sesuai jadwal. Namun informasi yang dihimpun pleno berjalan alot serta banyaknya penanggap dari peserta biasa yang punya hak suara.

"Pleno komisi kriteria dan pemilihan sudah berjalan. Ada 88 Penanggap di babak pertama, usai rehat makan siang lanjut dan kalau selesai maka masuk ke babak kedua untuk tanggapi. Nah untuk bertanya saja butuh waktu 4 jam 40 menit. Belum lagi babak tanggapan," ungkap Sekretaris Umum (Sekum) Sinode GPM, Pdt Elifas Maspaitella STh yang dihubungi satumaluku.id, Rabu (17/2/2021).

Ia mengatakan, kondisi terkini usai rehat, dilanjutkan dengan pertanyaan penanggap ke 65 dari total 88 orang. "Semoga pleno komisi ini dapat diselesaikan dengan baik," harapnya.

Ditanya soal persyaratan utama seseorang dapat mencalonkan diri atau dicalonkan sesuai kriteria. Pdt Elifas mengatakan semua orang punya hak dan peluang untuk maju.

"Semua orang punya hak mencalonkan atau dicalonkan. Namun sesuai kriteria bakal calon harus didukung sedikitnya 42 suara untuk jadi calon. Itu untuk semua posisi MPH dari Ketua, Wakil Ketua, Sekum dan Wasekum," ungkap Pdt Elifas.

Untuk diketahui, dari total 400 an peserta persidangan, hanya 280 Peserta Biasa yang punya hak memilih, yang terdiri dari unsur: MPH Sinode 8 orang, Ketua Klasis 34 orang dan Utusan Klasis 238 orang.

Sementara itu, selain nama-nama kandidat ketua umum yang sudah beredar, kini mulai muncul figur-figur untuk posisi Sekretaris Umum (Sekum) diantaranya juga ada sosok perempuan yang mewarnai SS kali ini.

Mereka yang muncul untuk posisi Sekum diantaranya Pdt Rudy Rahabeat STh, Pdt Ny Dana Lohy/Norimarna STh dan Pdt Dr Monike Hukubun STh.

Pdt Monike Hukubun digandeng maju oleh kandidat ketua Pdt Dr Ferry Nahusona STh. Sedangkan Pdt Dana Lohy/Norimarna sebelumnya muncul bersama calon ketua Pdt Nicky Rutumalesy STh.

"Dalam semangat kolegial-kolektif, saya berkomitmen melayani bersama para pelayan demi pertumbuhan dan perkembangan GPM. Siapapun yang nanti terpilih sebagai Ketua Sinode saya bersedia melayani sebagai Sekum demi kemajuan gereja ini,” ungkap Pdt Rudy Rahabeat, mantan Sekretaris Klasis Ternate Malut ini yang dihubungi secara terpisah.

Sementara itu, nama-nama kandidat ketua Sinode GPM lima tahun ke depan minus dua figur senior Pdt John Ruhulesin dan Pdt Ates Werinusa sampai pleno kriteria masih berkisar diantara beberapa nama.

Yaitu Pdt Elifas Maspaitella STh (Sekum Sinode GPM), Pdt Izack Sapulete STh (Ketua Klasis Ambon Timur), Pdt Dr Ferry Nahusona STh (Balitbang GPM), Pdt S. Hetharia STh (Dekan Fak Theologia UKIM), Pdt R. Rikumahu STh (Ketua Klasis Pulau Ambon) dan juga muncul nama Pdt Nicky Rutumalesy STh (Ketua Klasis Kota Ambon). (novi pinontoan)

Baca Juga

error: Content is protected !!