Sekilas Info

SIDANG SINODE

Sidang Molor, Calon Ketua Sinode GPM Masih Tunggu Hasil Sah Pleno Komisi

Foto: sinodegpm.org Suasana sidang pleno pada sidang Sinode GPM ke-38.

satumalukuID - Sidang Sinode Gereja Protestan Maluku (SS GPM) ke-38 yang sesuai jadwal dilaksanakan sejak 7-14 Februari 2021 akhirnya molor. Agenda terakhir pemilihan ketua umum (Ketum), majelis pekerja harian (MPH) dan penutupan persidangan pun meleset.

Sekretaris Umum (Sekum) Sinode GPM, Pdt Elifas Maspaitella STh yang dikonfirmasi satumaluku.id, Senin (15/2/2021) di Ambon, membenarkan SS molor karena beberapa hal.

Menurutnya, semula direncanakan hanya ada 7 komisi. Namun dalam bahasan jadwal acara, peserta usul tambah 3 komisi baru, sehingga totalnya ada 10 komisi.

Selain itu, soal waktu efektif sidang hanya 7 jam per hari, hal itu sesuai dengan situasi dan kondisi pandemik Covid 19. "Maka satu hari hanya bisa pleno dua komisi," kata Pdt Elifas.

Lebih lanjut dijelaskan, pada pembahasan satu komisi saja bisa ada 76 orang penanggap. Paling sedikit 54 orang. "Setelah dijawab, babak kedua tuh masih bisa sampe sekitar 30 an penanggap lagi," ujarnya.

Ia mengatakan, kalau dari perkembangan hari ini (Senin, red), sepertinya persidangan hanya bisa selesaikan Komisi Anggaran.

"Besok (Selasa; red) baru dibahas Komisi Khusus dan Rekomendasi. Kemudian pada Rabu, barulah masuk pada Pleno Komisi Kriteria dan Pemilihan," ungkap Pdt Elifas.

Ditanya soal nama-nama calon yang mulai beredar, ia menyatakan, semua punya hak dan peluang. Tentunya harus sesuai kriteria hasil pleno komisi yang sudah disahkan nantinya. "Jadi kita lihat saja hasil pengesahan pleno komisi. Kalau itu sudah sah. Barula diketahui pasti calon-calon siapa saja," ujarnya.

Sementara itu, secara terpisah, Ketua Panitia SS GPM ke-38 ini, Prof Dr Tonny Pariela yang dihubungi membenarkan terjadinya perpanjangan waktu petsidangan dan pihaknya sudah berkordinasi pihak terkait, termasuk dengan Satgas Covid 19.

"Iya memang molor, karena waktu yang terbatas. Kami sudah kordinasi untuk perpanjangan persidangan. Dengan pihak Satgas Covid 19 juga sudah. Selain perpanjangan hari, juga kami diijinkan tambah dua jam masa sidang per hari. Awalnya diberi batas waktu pukul enam sore berakhir. Namun dikasih longgar waktu sampai pukul delapan malam," jelas Pariela.

Jadi, lanjutnya, pelaksanaan SS GPM kali ini, baru bisa berakhir pada hari Rabu bahkan Kamis untuk hasil pemilihan dan penutupan nya.

Sementara itu, dari hasil penelusuran media ini, ternyata meskipun sudah beredar nama beberapa calon kuat dan sebelumnya diprediksi dua calon senior yaitu Pdt Dr John Ruhulesin STh dan petahana Pdt Ates Werinusa STh akan terganjal kriteria batas umur pensiun, bisa saja berubah karena pleno komisi kriteria dan pemilihan sampai Senin malam belum disahkan.

Terlepas dari dua calon senior tersebut. Di arena persidangan, terekam arus kuat peserta menghendaki adanya perubahan kepemimpinan maupun komposisi MPH.

Jika informasi ini tetap berjalan sesuai arus perubahan. Maka sedikitnya ada lima kandidat yang sudah disebut-sebut bakal berpeluang untuk posisi Ketum dan Sekum. Kelima nya adalah Pdt Elifas Maspaitella STh, Pdt Izack Sapulete STh, Pdt Sonny Hetharia STh, Pdt Ricko Rikumahu STh dan Pdt Dr Ferry Nahusona STh.

Kelima nama tersebut yang kini mulai hangat diperbincangkan di kalangan peserta. Selain yang sempat muncul juga nama Pdt Nicky Rutumalesy STh.

Dari semua nama itu. Sayangnya, satu figur yang potensial dan populer di kancah nasional yaitu Pdt Jacky Manuputty STh sudah terpilih dan dipercayakan menjadi Sekretaris Umum (Sekum) Persatuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) di Jakarta. (novi pinontoan)

Penulis: novi pinontoan
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!