Sekilas Info

Axl Hunila, Dari Penyanyi Caffe di Ambon, Ikut TNBGB Global TV, Hingga Masuk Deretan Musisi pada Akun IG Billboard Indonesia

Menurut Axl sebelum pandemi dia bisa full dalam seminggu manggung di tiap caffe yang berbeda. Dan meskipun saat ini masih dalam kondisi pandemi covid-19, dia masih mendapat job menjadi wedding singer.  “Menurut saya, jika kita percaya dan yakin, maka kita bisa berkarya di mana saja, termasuk di tanah orang," ujarnya.

SENGAJA YANG SALAH

Akun instagram resmi milik Billboard Indonesia, pada Sabtu (30/1/2021) lalu memposting foto Axl disertai narasi:

Setelah Tanah Air dikagetkan dengan kepergian Sang maestro sekaligus penyanyi legendaris @glennfredly309 pada 8 April 2020 kemarin, seketika hadir @axlhunila90, salah satu penyanyi berdarah Ambon yang siap bersaing di Industri Musik Indonesia.

Pada hari ini, 30 Januari @axlhunila90 merilis single perdananya, yang berjudul “Sengaja yang Salah” di seluruh digital music platform. Bagaimana menurut kalian?

Postingan yang sampai Senin (15/2/2021) ini sudah disukai 1.174 orang dan dikomentari 13 pengunjung ini, memang tidak bermaksud menyamakan Axl dengan almarhum Glenn Fredly. Namun sengaja memberi tahu, bahwa ada anak muda yang mengidolakan Glenn dan juga berasal dari kampung yang sama, siap bersaing di industri musik tanah air.   

"Banyak yang menjadi panutan saya dalam bermusik, salah satunya Glenn Fredly. Bukan hanya karena karya-karya beliau, namun termasuk jiwa sosial dan kepeduliannya pada alam. Dan saya selalu berfikir, sosok Glenn Fredly adalah the one and only. Tidak ada Glenn Fredly kedua. Tapi perjuangan beliau masih bisa kita lanjutkan. Dan nanti akan ada satu karya saya judulnya ‘Selesai Bukan Berakhir’, yang saya dedikasikan untuk beliau," ungkap Axl.

Axl mengaku pada tanggal 30 Januari 2021 lalu, dia mengeluarkan single perdana berjudul “Sengaja Yang Salah” di seluruh platform digital. Selanjutnya pada Kamis (11/2/2021) lalu, dia baru saja merilis Official Music Video di channel Youtube miliknya, yang sampai hari ini sudah mencatatkan 2.513 tayangan.

Proses pembuatan lagu ini, kata dia, memakan waktu sekitar empat bulan. Namun yang tidak disangka-sanka oleh Axl, sampai pada lahirnya lagu ini, dia mampu bertahan selama dua tahun di Jakarta, dengan hasil tabungan dari nyanyi di caffe-caffe dengan lagu tersebut.

Dia menuturkan, lagu ini bercerita tentang pengalaman pribadi. Sebuah rasa penyesalan yang dia rasakan ketika orang yang tulus hatinya untuknya, dia korbankan demi orang yang disukainya. Walau pun dia tahu orang yang dipilihnya itu, tidak sebaliknya memeliki perasaan padanya.

"Yang terlibat dalam proses pembuatan single ini memang tidak terlalu banyak. Ada Sandio Sinungan sebagai executive produser, Michael Aponno sebagai Producer, Axl Giovano yang mengaransemen musiknya, dan setelah final saya memberikan kepercayaan kepada Baines Tirtasole sebagai mixing dan mastering. Meskipun tidak banyak yang hadir di dalam proses ini tapi Puji Tuhan dapat selesai juga,” paparnya.

Axl katakan, dia punya satu keinginan, jika saat ini dia masih berkarya di atas panggung orang lain, di tahun 2022 dia sudah harus bernyanyi di atas panggung sendiri. Sebab dia ingin buktikan bahwa orang dari Ambon yang berjuang di Jakarta, tidak hanya sebagai debt collector.

"Saya ingin tunjukan untuk teman-teman di Ambon, bahwa tidak usah takut berkarya di tanah orang, jika saya bisa mendapatkan akses maka yang lain juga bisa,” pesannya.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Tiara Salampessy
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!