Sekilas Info

Axl Hunila, Dari Penyanyi Caffe di Ambon, Ikut TNBGB Global TV, Hingga Masuk Deretan Musisi pada Akun IG Billboard Indonesia

Cuaca cerah dan alunan musik instrumental pada salah satu kedai kopi di kawasan Kemang, Jakarta, Sabtu (13/02/2021), menemani satumaluku.id ngobrol dengan Axl Junior Hunila. Salah satu anak muda Ambon yang saat ini sementara meniti karir di Ibu Kota Jakarta.

Memiliki suara merdu dan sendu, ia langsung mendapat kesempatan untuk terdaftar di dalam deretan musisi, yang berada pada akun Instagram Billboard Indonesia. Dia membawakan lagu yang ditulisnya, seketika menyita perhatian pecinta musik Indonesia. Pemilik lagu “Sengaja Yang Salah” itu mulai merambah produktifitas di dalam Industri Musik Tanah Air.

Masih teringat pada tahun 2017, satumaluku.id berkenalan dengan Axl. Sosoknya simpel. Dia senang bernyanyi ketika kami sedang duduk mengobrol di pinggir jalan Kota Ambon. Lelaki sederhana dan luwes, kelahiran Ambon, 21 Juni 1999 ini, memang memiliki suara yang merdu, sebagaimana ciri khas kebanyakan orang Ambon.

Kepada satumaluku.id, Axl menuturkan berbekal suaranya itu, pada tahun 2018 dia mencoba mengikuti salah satu ajang pencarian bakat, yakni The Next Boy/Girl Band (TNBGB) di Global TV. Dia berhasil maju sampai di tahap Episode 4, dan menjadi salah satu peserta favorit penyanyi dan aktris Denada, yang adalah salah satu juri pada ajang tersebut.

Setelah mengikuti ajang pencarian bakat ini, Axl sempat pulang ke Ambon pada tahun 2019, dan menjadi penyanyi caffe pada beberapa caffe di kota ini. Namun pada awal tahun 2020, dia merasa jika hanya berkarier di Ambon, nampaknya akan sulit untuk maju, terutama karena tingginya persaingan di Kota Ambon, yang ditetapkan badan dunia UNESCO sebagai Kota Kreatif Berbasis Musik, atau Ambon UNSECO City of Music itu.

"Dari dulu saya tidak pernah memiliki ekspetasi tinggi untuk mengikuti ajang perncarian bakat. Tapi ini menjadi salah satu batu loncatan, untuk mengembangkan bakat yang saya miliki, dan cara agar dapat dilihat orang lebih luas lagi yakni berangkat ke Jakarta,” tutur Axl.

Apa pun itu yang harus dilalui, Axl memotivasi dirinya sendiri untuk mencoba peruntungan di Jakarta. Dan untuk ajang TNBGB di Global TV itu, tanpa sepengetahuan dirinya, Axl ternyata memenuhi kriteria untuk tergabung di dalam suatu boyband.

Capaian itu dianggap Axl mustahil. Karena dari keseluruhan penampilannya, seperti bukan kriteria yang dicari. Namun Axl tetap ikut dan mencoba meyakinkan dirinya bahwa dia bisa. “Hal ini menjadi suatu kebanggan tersendiri untuk saya, dapat lolos dan tampil di televisi nasional," ungkapnya.

Axl mengaku, ajang tersebut membuat dia yakin punya kemampuan, dan harus terus dikembangkan dengan cara ke Jakarta untuk bermusik dan berkarya sampai berhasil, sebelum kembali ke Ambon. Itu merupakan impiannya yang menjadi motivasi untuk terus berjuang di Jakarta.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Tiara Salampessy
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!