Sekilas Info

Tidak Ada Ujian Nasional Tahun 2021 bagi SD, SMP dan Sekolah Sederajat

satumalukuID/Tiara Salampessy Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon, Fahmi Salatalohy.

satumalukuID - Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon, Fahmi Salatalohy menyebutkan, berdasarkan Keputusan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, pada tahun 2021 ini, tidak ada Ujian Nasional bagi para siswa-siswi tingkat SD/sederajat maupun SMP/sederajat.

Kepada wartawan di Ambon Senin (8/2/2021), Fahmi menuturkan, sebagai gantinya, nilai para siswa-siswi ini, akan diambil lewat penilaian akhir semester.

“Jadi Artinya ujian nasional itu ditiadakan. Nilai anak itu kan nanti ditentukan oleh sekolah. Penilaian akhir semester itu yang akan dijadikan nilai pendidikan sampai ujian nasional,“ ujar Fahmi.

Bagi para Kepala Sekolah dan guru yang belum mengetahui tidak adanya UN ini, menurut Fahmi, pihaknya akan memberitahukan secepatnya, agar nantinya juga disampaikan kepada orang tua murid.

Menyinggung tentang Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) kepada siswa-siswi akan tetap dijalankan. “Sehingga bagi siswa-siswi yang mengikuti proses PJJ, akan mendapatkan  nilai dari para guru masing-masing,” terangnya.

Informasi yang dihimpun satumalukuID meneybutkan, keputusan penghapusan UN dan Ujian Kesetaraan 2021 ini, diambil Kemendikbud RI berdasarkan pertimbangan kondisi pandemi Covid-19 yang masih terus mengalami peningkatkan.

Itu sebabnya, Kemendikbud RI secara resmi menghapus UN 2021 untuk siswa kelas 6 SD/sederajat, kelas 9 SMP/sederajat dan kelas 12 SMA/sederajat.

Berikut point penting yang disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim melalui Surat Edaran Mendikbud Nomor 1 Tahun 2021, Tentang Peniadaan UN dan Ujian Kesetaraan serta Pelaksanaan Ujian Sekolah dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19

Selanjutnya 1 2
Penulis: Tiara Salampessy
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!