Sekilas Info

Volume Sampah di Kota Ambon Turun selama Masa Pandemi Covid-19

satumalukuID - Volume sampah di Kota Ambon Provinsi Maluku mengalami penurunan sekitar 10 ton per hari di masa pandemi Covid-19.

“Sepanjang tahun 2020 sampah yang terangkut dari TPS ke TPA mengalami penurunan, awalnya 176 ton menjadi 160-165 ton per hari,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan Kota Ambon Lusia Izaak di Ambon.

Ia mengatakan, penurunan disebabkan berbagai pembatasan yang dilakukan pemerintah seperti anjuran bekerja dari rumah (work from home), kegiatan berskala besar yang dibatasi menjadi pemicu volume sampah alami penurunan.

Aktifitas masyarakat menjadi terbatas dan lebih banyak dari rumah selama pandemi, membuat sampah hanya dihasilkan dari rumah tangga.

"Selain itu banyaknya perkantoran yang memberlakukan WFH, serta tempat usaha yang tutup," timpalnya.

Kondisi pandemi, sampah medis berupa alat pelindung diri di rumah sakit, klinik dan dari dinas kesehatan merupakan salah satu penyumbang.

Selama tahun 2020 sampah medis ditangani Dinas LHKP Ambon, dibawa ke TPA tetapi di tahun 2021 akan ditangani penghasil sampah tersebut.

"Tahun 2021 penanganan sampah medis dikembalikan ke penghasil yakni dinkes dan rumah sakit atau klinik untuk dikelola pihak ketiga, " ujarnya.

Baca Juga

error: Content is protected !!