Sekilas Info

OPINI KREATIF

Musisi Maluku, Belajarlah dari Glenn Fredly

satumalukuID/Tiara Salampessy Glenn Fredly Deviano Latuihamallo (Lahir: Jakarta, 30 September 1975, Wafat: Jakarta 8 April 2020)

“Glenn selain kuat dalam karya dan musikalitas, kemampuan beradaptasi dalam industri musik yang kita tahu sangat kompetitif, adalah model yang bisa turut menginspirasi.”

Hampir satu tahun sudah sahabat dan saudara kita Glenn Fredly pergi untuk selamanya. Tapi konsistensi dan eksistensi sebagai musisi barangkali adalah satu hal penting yang perlu dipelajari darinya. Terutama oleh para musisi, yang bakat alamnya tumpah-ruah di Maluku.

Dengan belajar dari perjalanan karir Glenn, akan banyak musisi yang bisa eksis di industri musik nasional, bahkan internasional. Talenta muda Maluku jangan hanya bisa ‘jago kandang’, tapi juga mampu merajai blantika musik, seperti yang telah Glenn buktikan.

Mulai muncul di industri musik tanah air, Glenn Fredly memang mencuri perhatian, lewat suara yang khas dan lagu-lagu yang enak didengar. Sesuatu yang mempertegas orang Ambon (baca: Maluku) memang punya ‘kekuatan’ di bidang olah vokal.

Ada banyak penyanyi asal Maluku yang sudah pula dikenal luas. Sebut saja Bob Tutupoli, Broery Marantika, Utha Likumahua, Harvey Malaiholo, Ruth Sahanaya, Andre Hehanussa, Lita Zen, Melky Goeslaw dan Melly Goeslaw, Minggus Tahitoe dan Marcello Tahitoe, dan lainnya.

Tapi Glenn sedikit berbeda, bukan hanya penyanyi yang jago di panggung, tapi sukses juga di industri musik. Albumnya selalu ditunggu, hits-nya diputar di TV dan radio. Di tempat karaoke hampir pasti ada lagu Glenn yang turut dinyanyikan pengunjung.

Ini yang beta kira adalah sisi penting yang harus dipelajari oleh para musisi muda, khususnya dari Maluku. Daerah ini memiliki banyak talenta dengan kualitas suara yang mumpuni, tapi rasanya belum banyak yang eksis hingga memberi efek ekonomi yang besar bagi diri dan keluarganya.

Kiprah dan jalan yang sudah ditempuh Glenn di industri hiburan tanah air, wajib dicontoh bila ingin sukses dan eksis. Glenn selain kuat dalam karya dan musikalitas, kemampuan beradaptasi dalam industri musik yang kita tahu sangat kompetitif, adalah model yang bisa turut menginspirasi.

Glenn mampu menunjukkan kapasitas dalam beradaptasi di era digital dengan cara aktif di media sosial. Lewat Instagram dan juga YouTube, Glenn dapat menjangkau dan terlibat dengan fans secara pribadi, juga membantunya dalam penjualan tiket konser, termasuk merchandise.

Menunjukan kemampuannya dalam melihat industri musik yang memang telah berubah, Glenn kemudian menyesuaikan ke digital streaming musik. Belakangan sebelum mangkat, ia juga kerap mengenalkan produknya dengan memaksimalkan jaringan distribusi melalui internet, seperti Spotify.

Meskipun terkait digitalisasi ini ada beberapa kontroversi, karena ada musisi yang tidak setuju pada layanan ini. Tapi adaptasi terhadap perkembangan zaman, setidaknya memungkinkan para seniman memperkenalkan produknya kepada jutaan pengguna, utamanya kepada yang belum tahu atau mendengarkan musik mereka yang baru dengan lebih cepat dan luas.

Dengan digital platform ini pendengar dapat mudah mencari hasil karya musisi di Vimeo, YouTube atau situs pribadi lainnya. Soal ini Glenn terbukti bisa beradaptasi dengan cepat, sehingga meski selalu muncul bakat dan talenta muda yang baru, Glenn terus memantapkan ceruk fans ‘fantastiknya’.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Ikhsan Tualeka
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!