Sekilas Info

MALUKU LUMBUNG IKAN NASIONAL

Menteri Kelautan dan Perikanan Lepas Ekspor 53,6 Ton Tuna Maluku ke Jepang, Vietnam dan Amerika

satumalukuID/Istimewa Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono (kanan) bersama Gubernur Maluku Murad Ismail (kedua kanan) saat melepas ekspor 53,6 Ton tuna Maluku ke Jepang, Vietnam dan Amerika, di Ambon, Sabtu (6/2/2021).

satumalukuID - Memanfaatkan kunjungan kerjanya ke Maluku, bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI Bahlil Lahadalia, Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Sakti Wahyu Trenggono berkesampatan melepas 53,6 ton ikan tuna segar yang akan diekspor dengan negara tujuan, Jepang, Amerika dan Vietnam, Sabtu (6/2/2021).

Pelepasan 53,6 ton ikan tuna senilai lebih dari US$513.000 atau setara 7,1 miliar, darii Terminal Cargo Bandara Internasional Pattimura Ambon ini, ditandai dengan pemasangan kertas segel oleh Menteri Trenggono dan Gubernur Maluku Murad Ismail.

Para pengekspor antara lain, PT. Maluku Prima Makmur, dengan tujuan ekspor ke negara Amerika dengan jumlah 17,9 ton senilai US$178.359. Selanjutnya PT. Maluku Prima Sukses, dengan tujuan ekspor juga ke Amerika dengan jumlah sebesar 17,5 ton, senilai US$246.596.

Sedangkan PT. Harta Samudera tujuan ekspornya ke negara Vietnam dengan jumlah sebesar 12 ton, senilai US$49.778, dan  PT. Peduli Laut Maluku tujuan ekspor ke Jepang dengan jumlah 6,2 ton senilai US$38.418.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Trenggono berharap, mudah-mudahan proses ekspor tersebut kontinyu, dan semakin besar ekspornya dari Maluku.

“Artinya kalau semakin besar, implikasinya ke belakang juga besar," ujarnya.

Dia lantas meminta jajarannya di Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Ambon, untuk memastikan dan menjamin tidak ada lagi kasus penolakan produk perikanan Indonesia di negara tujuan.

“Selain itu lakukan pembinaaan secara rutin kepada pelaku usaha perikanan, dari hulu sampai hilir, sebagai upaya penanganan mutu ikan, sehingga dapat diterima pasar ekspor,” tandasnya.

Langkah tersebut, disebut Menteri Trenggono, sebagai upaya meningkatkan kepercayaan pasar dunia terhadap produk perikanan Indonesia.

“Saya optimis ekspor perikanan dari Maluku akan terus tumbuh,” ujarnya optimis.

Penulis: Tiara Salampessy
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!