Sekilas Info

Gubernur Maluku: Olahraga Panjat Tebing Cukup Menantang Tapi Bermanfaat Bagi Kesehatan

satumalukuID/Husen Toisuta Pelantikan Pengurus Provinsi FPTI Maluku oleh wakil ketua umum Pengurus Pusat FPTI, Fery Ardianto (kiri mimbar). Ketua FPTI Maluku Rofik Afidudin (dua dari kanan).

satumalukuID- Gubernur Maluku Murad Ismail mengaku, panjat tebing merupakan salah satu olahraga yang cukup menantang. Tapi sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Hal itu disampaikan Gubernur dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Sandi Wattimena, saat melantik Pengurus Provinsi (Pengprov) Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Maluku periode 2019 - 2023 di Paccific Hotel, Kota Ambon, Sabtu (6/2/2021).

"Panjat tebing merupakan olahraga yang cukup menantang, tapi panjat tebing sangat bermanfaat bagi kesehatan," kata Murad.

Orang nomor 1 Pemerintah Provinsi Maluku ini berharap FPTI Maluku dapat menyatukan dan memperkokoh komitmen, bekerja keras bersama membangun olahraga panjat tebing.

Baca Juga: Maluku Dipercayakan Jadi Tuan Rumah Kejurnas Panjat Tebing Kelompok Umur di Tahun 2022

Menurut Gubernur, prestasi terbaik sebuah cabang olahraga selalu menjadi kebanggaan. Karena, itu sering dijadikan sebagai indikator dan tingkat kemajuan pembinaan dunia olahraga di suatu wilayah.

Mantan Dankor Brimob ini meminta agar animo masyarakat Maluku terhadap olahraga panjat tebing di situasi pandemi Covid-19 perlu ditingkatkan.

Ia berpesan, untuk meraih prestasi terbaik dalam olahraga panjat tebing, maka beberapa faktor harus diperhatikan. Di antaranya pembinaan atlet yang terarah dan berkesinambungan. Manajemen pelatihan yang teratur dan disiplin, tenaga kepelatihan yang berkualitas, serta didukung dengan kepengurusan organisasi cabang olahraga yang solid dan profesional.

Jenderal bintang dua purnawirawan Polri ini mengaku, apabila salah satu komponen tersebut tidak berfungsi secara baik, maka bisa dipastikan potensi kegagalan menjadi ancaman yang nyata.

"Karena itu saya sangat mengapresiasi agenda pelantikan ini sebagai bentuk konsolidasi organisasi FPTI Maluku sekaligus sebagai wahana untuk menyamakan visi dan menyusun program kerja organisasi baik ditingkat nasional maupun daerah," tandasnya.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!