Sekilas Info

DIASPORA MALUKU

Genap 70 Tahun Migrasi Orang Maluku ke Belanda, Generasi Ketiga Mengubah Narasi dan Perspektif Sejarah

AApakah arti peringatan 70 tahun ini bagi Anda? 

HT: Saya rasa ini adalah sejarah yang personal karena kedua kakek dan nenek saya datang menggunakan kapal ke Belanda, mereka mengalami peperangan, penjajahan, jadi (peringatan) ini sangat personal bagi saya. Tapi, sebagai generasi ketiga dan kini melihat anak-anak saya sebagai generasi selanjutnya, saya meyakini sudah waktunya kita melihat sejarah dari perspektif yang berbeda, ini waktunya untuk mengubah narasi.

Contohnya bagi orang-orang (keturunan) Maluku karena latar belakang militer mereka, mereka cenderung melihat dari perspektif tentara Belanda, namun kita harus memberikan edukasi, melalui museum kami, bahwa contohnya ada perspektif revolusi Indonesia, atau agresi peperangan Belanda, jadi terdapat pandangan global terhadap Indonesia dan Belanda.

Saya rasa ini menjadi misi saya untuk mengubah narasi terkait perspektif yang berbeda-beda terhadap Maluku dan terhadap Indonesia […]. Generasi saya tumbuh besar di sini di Belanda, namun kami juga memiliki hati untuk masyarakat, hati untuk membangun, jadi saya rasa ini adalah perasaan yang baik dan positif terkait masa depan, untuk mengubah narasi, untuk mengubah perspektif dalam sejarah.

EL : Bagi saya, peringatan 70 tahun ini menyentuh rasa di hati karena generasi pertama, Opa dan Oma, datang ke sini dengan cerita yang sangat menyedihkan. Hidup mereka (telah menghadapi) banyak halangan… tetapi di sisi lain juga takdir saya jadi bisa lahir dan besar di Belanda dan dapat banyak kesempatan, karena itu juga sebenarnya sangat berterima kasih untuk Opa dan Oma.

Dengan 70 tahun ini, memang bagus untuk melihat ke belakang, untuk tahu dan sadar dari mana kamu (berasal), tetapi jangan lupa, jangan hanya melihat ke belakang tapi harus lihat ke depannya dan salah satu yang saya harap dengan 70 tahun ini, yang tadi Bung Henry juga ceritakan, bahwa stigma-stigma yang ada terhadap orang Maluku bisa dihapuskan atau bisa ada cerita alternatif. Perspektif saya terkait 70 tahun itu, di hati bangga, senang dapat kesempatan juga.

Saya juga harap dengan 70 tahun ini, […] bisa membangun dialog supaya orang tahu bahwa orang Maluku bukan hanya yang ‘preman’ saja kesannya.

Selanjutnya 1 2 3 4
Penulis: Aria Cindyara/ant
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!