Sekilas Info

Tim SAR Cari KM Sandoro Berawak 8 ABK yang Mati Mesin di Perairan Aru

satumalukuID/Istimewa

satumalukuID- Tim SAR Pos Kepulauan Aru dengan melibatkan unsur SAR lainnya, dikerahkan mencari KM Sandoro berawak 8 Anak Buah Kapal (ABK) yang mengalami mati mesin di perairan Pulau Wasir, Kabupaten Kepulauan Aru, Jumat (5/2/2021).

Kepala Seksi Operasi Basarnas Ambon, Andry Azwan, mengatakan, pengerahan personel pencarian dilakukan setelah menerima informasi dari Koordinator Unit Siaga SAR Kepulauan Aru, pukul 14.40 WIT.

Tim SAR yang dikerahkan dibantu dengan unsur potensi SAR lainnya menuju lokasi pencarian pada koordinat duga 05º35.575’ S - 134º9.439’ E, dengan jarak ±11 NM, Heading 333º arah barat laut dari Dermaga Pelabuhan Dobo.

"Saat tim SAR dikerahkan kondisi cuaca di lapangan mengalami hujan ringan, angin barat  – barat laut 8 – 30 knot, tinggi gelombang 2,5 – 4.0 meter," ungkap Andry.

Peristiwa yang membahayakan nyawa manusia di laut ini diketahui dari laporan  Kepala BPBD Kepulauan Aru. Dalam laporannya menyebutkan KM Sandoro berangkat dari Desa Jambu Air, Pulau Penambulai pukul 09.00 WIT.

Kapal berpenumpang 8 orang ini hendak menuju Pelabuhan Dobo, Ibukota Kepulauan Aru. Namun di tengah perjalanan kapal mengalami mati mesin di sekitar perairan Pulau Wasir.

"Tim pencarian dan pertolongan yang dikerahkan terdiri dari Rescue Unit Siaga SAR Kepulauan Aru 4 orang, Polairud Dobo 1 orang, KP3 Polres Dobo 1 orang dan BPBD Dobo 3 orang. Tim menggunakan 1 unit Speed Boat milik BPBD Aru," tandasnya.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!